Toyota Kembali Donasikan Mobil untuk Dunia Pendidikan

New Toyota Fortuner TRD (Bensin)
Sumber :
  • VIVAnews/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Perusahaan mobil Toyota Indonesia menyerahkan satu unit mobil Fortuner kepada Universitas Diponegoro, Semarang. Kegiatan ini kelanjutan dari rangkaian donasi Toyota pada dunia pendidikan di universitas dan Sekolah Menengah Kejuruan.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016

Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Tjahjono menyatakan, donasi kendaraan utuh ini merupakan salah satu wujud komitmen Toyota Indonesia untuk mendukung peningkatan  kualitas sumber daya manusia  (SDM) Indonesia, khususnya dalam menyiapkan  para  insinyur lokal yang handal.

"Kualitas insinyur lokal sangat penting dalam menghadapi era persaingan yang semakin kompetitif, terutama dengan integrasi regional dan global seperti Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015," kata Warih dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 11 Februari 2015.

Lebih lanjut, Warih menyatakan, Toyota berupaya untuk bisa membantu peningkatan kualitas insiyur dengan memperkenalkan teknologi otomotif sebagai salah satu industri yang akan langsung terkena dampak penerapan MEA.

Pernyerahan ini dilakukan Warih kepada Rektor Universitas Diponegoro Prof. Dr. Sudharto P. Hadi, MES, Phd., di sela-sela acara Kuliah Umum bertema Menuju Insinyur Berkelas Dunia yang digelar Yayasan Toyota & Astra (YTA) dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Selain Fortuner, Toyota juga akan mendonasikan 18 unit citycar Vios kepada beberapa perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia. Total nilai dari donasi ini adalah lebih dari Rp4 miliar.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016

Sebelumnya, Toyota Indonesia telah mendonasikan kendaraan utuh dan komponen kendaraan kepada lebih dari 60 Sekolah Menengah Kejuruan Teknik di seluruh Indonesia

Selain donasi kendaraan utuh dan komponen kendaraan, Toyota Indonesia juga telah mendonasikan perangkat laboratorium "Lean Production Manufacturing" yang menerapkan sistem produksi Toyota kepada Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium ini digunakan oleh para mahasiswa Fakultas Teknik untuk mempelajari cara merancang fasilitas manufaktur.

Sienta Mengaspal, Bagaimana Nasib Toyota NAV1?

Selain itu, Toyota juga menyerahkan beasiswa YTA kepada perwakilan mahasiswa Universitas Diponegoro. Hingga 2014 sekitar 500 mahasiwa Universitas Diponegoro pernah menerima beasiswa YTA.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya