Kopi dan Teh Jawa Barat Diminati hingga Lebanon

Biji Kopi
Sumber :
  • VIVAlife/ Anda Nurlaila
VIVA.co.id
Penghafal Alquran Gratis Minum Kopi di Kedai Ini
- Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, mengatakan, sejumlah negara tertarik menjalin kerja sama di bidang industri pertanian, khususnya kopi dan teh asal Jabar. Salah satunya adalah Lebanon.

Tips Dapatkan Kopi Berkualitas Sesuai Selera

Menurut Aher, sapaan akrab Heryawan, tanaman teh dan kopi tidak dapat tumbuh di tanah Lebanon yang cenderung kering. Namun, karena sebagian besar masyarakat Lebanon sangat menyukai kopi dan teh, permintaan pasar akan salah satu komoditas unggulan Jabar ini pun melonjak.
Toleransi Tubuh Terhadap Kafein yang Berasal dari Kopi


Karena itu, Jabar segera menindaklanjuti permintaan ekspor ke Lebanon.


“Di Lebanon itu tidak tumbuh satu pun pohon teh dan kopi, tapi masyarakatnya sangat menyukai teh dan kopi," ungkap Aher, usai pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Lebanon, Khujin Khumaidi, di Gedung Negara Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Kamis 12 Februari 2015.


Dia menuturkan, sejumlah wilayah di Jabar terkenal sebagai penghasil kopi dan teh berkualitas. Untuk kopi berasal dari Garut, Kabupaten Bandung, Bogor dan Cianjur. Sementara itu, teh berkualitas asal Jabar berasal dari Kecamatan Pangalengan di Kabupaten Bandung, kawasan perkebunan teh di Ciater, Kabupaten Subang, dan lainnya.


“Pasti yang segera kami tindak lanjuti itu ekspor komoditas teh dan kopi," tuturnya.


Aher menambahkan, Lebanon juga tertarik untuk bekerja sama perdagangan dengan Jabar di bidang fashion. Seperti diketahui, Bandung yang juga ibu kota Jabar merupakan gudangnya fashion, termasuk gaya hijab yang diminati Lebanon. (art)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya