Aktris Iran Berpose Bugil di Majalah Prancis

Aktris Iran, Golshifteh Farahani.
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id - Aktris Iran, Golshifteh Farahani, kembali membuat geram publik di dalam negerinya. Setelah sebelumnya aktris berusia 31 tahun itu pernah memamerkan keindahan payudaranya untuk video promosi penghargaan film Prancis setara Academy Awards, maka kali ini dia tampil polos tanpa mengenakan satu helai kain menutupi tubuhnya.

Laman Dailymail, Kamis, 12 Februari 2015 melansir, Farahani tampil polos di Majalah terbitan Prancis, Egoiste. Foto hitam putih itu dijepret oleh fotografer kenamaan Prancis, Paolo Roversi dan dijadikan sampul depan majalah tersebut.

Menurut stasiun berita Fox News, di dalam majalah itu,  Farahani mengatakan alasan dia tampil berani karena Prancis telah membebaskannya.

"[Paris] hanya satu-satunya tempat di mana wanita tidak merasa bersalah. Sementara di timur, Anda merasakan (perasaan bersalah.red) itu setiap saat, khususnya ketika Anda merasakan hasrat seksual Anda," ujar Farahani d majalah itu.

Sebelumnya, akibat ulah Farahani pamer payudara, dia diasingkan dari Iran. Otoritas Iran menghubungi keluarganya di Teheran dan mengatakan dia akan dihukum. Payudaranya akan dipotong dan dipersembahkan kepada ayahnya di atas sebuah piring.

Kini, Farahani diketahui tinggal di Prancis bersama suaminya. Namun ulahnya kali ini memunculkan pertanyaan terhadap apa yang akan dilakukan oleh Pemerintah Iran. Maka, keselamatannya pun dipertanyakan.

Namun, banyak yang menyayangkan aksi berani  Farahani dengan berfoto bugil. Menurut beberapa pihak, pose bugil Farahani justru tidak mencerminkan dukungan terhadap hak-hak wanita Iran.

"Berfoto bugil justru malah akan menjadi kontraproduktif atas penegakkan hak-hak wanita. Selain itu, sudah pasti telah dianggap merendahkan dan menganggap wanita menjadi objek," ungkap wanita pejuang HAM, Kamal Nawash, dari organisasi Koalisi Pembebasan Muslims.

Sebelumnya, Farahani juga pernah dikecam oleh Kementerian Kebudayaan Iran karena tidak mengenakan jilbab ketika pemutaran perdana filmnya, Body of Lies di New York.

Farahani memang bukan sembarang aktris. Dia merupakan aktris pertama Iran yang sukses menembus Hollywood. Baru-baru ini, dia bermain bersama aktor pemenang Oscar, Christian Bale di film berjudl Exodus: "Gods and Kings". Di tahun 2008 lalu, dia muncul dan beradu akting dengan aktor Russel Crowe dan Leonardo Dicaprio di film Body of Lies.

Lalu di tahun 2012, dia bermain bersama Sienna Mieller di film Just Like a Woman. Di film tersebut, Farahani memerankan seorang buronan yang dituding karena membunuh ibu mertuanya.

Hingga berita ini ditulis belum ada respon dari perwakilan Farahani dan Pemerintah Iran. (ren)

Iran Akui Tentaranya Tewas dalam Perang Suriah


Baca juga:



lmuwan Iran Shahram Amiri berbicara kepada jurnalis saat tiba di bandara Imam Khomini di Tehran, 15 Juli 2010.

Iran Eksekusi Mati Ilmuwan Nuklirnya

Shahram Amiri dituduh menjadi mata-mata Amerika Serikat.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2016