2014, Nilai Penjualan Smartphone Naik, Ponsel Turun

Smartphone.
Sumber :
  • Freepik

VIVA.co.id - Tren smartphone mulai meningkat. Dalam laporan GfK Market Insight, yang diluncurkan baru-baru ini tercatat, nilai penjualan smartphone meningkat, memakan industri ponsel fitur.

"Sejak Januari hingga Desember 2013, nilai penjualan smartphone mencapai 77,3 persen, sedangkan di 2014 menjad 80,8 persen. Angka ini mengalahkan produk telekomunikasi lainnya, seperti ponsel fitur dan headset," tulis laporan GfK dalam keterangannya, Jumat 13 Februari 2015.

Secara tidak langsung, dalam laporan itu disebutkan bahwa nilai penjualan smartphone memakan ponsel fitur. Jika pada 2013, ponsel memiliki nilai penjualan 20,4 persen, di 2014, nilai penjualannya hanya 11,1 persen.

Menurut GfK Market Insight, pertumbuhan pasar teknologi secara total sampai kuartal IV-2014, menunjukkan angka positif. Namun, sayangnya secara volume terlihat stagnan.

"Pertumbuhan total market ini masih di dominasi oleh pertumbuhan market perangkat Telekomunikasi, yang juga di dukung oleh meningkatnya pertumbuhan industri produk-produk alat rumah tangga seperti vacuum cleaner, rice cooker, dan alat-alat memasak," tulis mereka.

Dipastikan, secara umum, pasar di kuartal keempat 2014 itu menunjukkan pertumbuhan dibanding kuartal sebelumnya. "Diharapkan ini dapat menjadi sinyal akan pertumbuhan pasar di 2015," katanya. (asp)

Indonesia Pasar Smartphone Terbesar di Asia Tenggara



Baca juga:

Ini Empat Negara Pengguna Smartphone Terbesar

CEO Asus, Jerry Shen

Asus Klaim Posisi 2 di Pasar Smartphone Indonesia

Asus dibelakang Samsung dengan total penjualan 5 juta unit sejak 2014.

img_title
VIVA.co.id
20 November 2015