Kadin Patok Empat Sasaran Utama Kembangkan Perikanan

Industri Perikanan
Sumber :

VIVA.co.id - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan mengajak pihak pemerintah dan swasta melakukan peningkatan produksi perikanan yang potensinya mencapai Rp380 triliun per tahun.

Wakil Ketua Umum Kadin, Yugi Prayanto mengungkapkan, dengan besarnya potensi perikanan yang belum digarap secara optimal, pihaknya ingin agar pemerintah mengatasi masalah perikanan

"Masalah seperti illegal fishing dan meningkatkan program budidaya perikanan agar produksi perikanan Indonesia dapat meningkat," ujarnya di Jakarta, Jumat, 13 Februari 2015.

Dengan demikian, pihaknya menetapkan empat sasaran pengembangan kelautan dan perikanan nasional. Sasaran pertama, meningkatkan stokĀ  pangan nasional untuk komoditas perikanan yang akan meningkatkan ketahanan pangan.

"Stok pangan nasional untuk komoditas perikanan akan bertambah besar. Kedua. kesejahteraan nelayan dan petambak di kampung nelayan dan petambak di pesisir akan meningkat," tuturnya.

Ketiga, sasaran pada industri pengolahan dan pemasaran perikanan yang akan tumbuh pesat karena ketersediaan bahan baku yang banyak.

"Dan yang terakhir adalah pemenuhan gizi rakyat Indonesia akan protein yang berasal dari ikan dapat meningkat lebih dari 100 persen," jelasnya.

Pihaknya telah mendorong Kementerian Koperasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Desa, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta para pelaku usaha perikanan.

"Agar bekerja sama merevitalisasi sektor perikanan dari Hulu sampai Hilir, mulai dari nelayan, petambak dengan wadah operasinya sampai pelaku usaha pengolahan perikanan dan pelaku usaha pemasaran perikanan," ungkapnya.

Bakmi Kadin, Legendanya Bakmi di Jogja

Baca juga:

Pembalap Tim Manor Racing, Rio Haryanto.

Alasan Pengusaha RI Belum Tertarik Sponsori Rio Haryanto

Tidak masalah, jika Rio dapat sponsor dari perusahaan internasional.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016