Minyak Ikan, Solusi Instan Awet Muda

Ilustrasi minyak ikan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id – Siapa yang tidak kenal dengan manfaat minyak ikan bagi kesehatan. Banyak riset dan jurnal yang telah membuktikan pengaruh positif untuk kecerdasan otak dan kesehatan jantung. Namun, sebuh riset terbaru yang dilakukan L’Oreal Paris menyebutkan bahwa minyak ikan justru punya manfaat lebih bagi kecantikan kulit.

Riset yang dipublikasikan di jurnal Dermatologic Clinics itu memaparkan manfaat positif lain yang dimiliki asam lemak omega 3 bagi kecantikan. Asam lemak ini ternyata bisa melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari serta membuat kulit terlihat lebih sehat dan awet muda.

“Jika dianalogikan, mengonsumsi minyak ikan itu seperti memberikan oli pada mesin mobil agar bisa berjalan mulus,” ujar Ildi Pekar, konsultan dermatologis L’Oreal Paris, dilansir Huffington Post.

“Minyak ikan memang sangat baik bagi kesehatan, namun terutama baik bagi kecantikan kulit, termasuk bisa mengurangi jerawat dan menyamarkan keriput,” sambung Pekar.

Adapun, Dr Mayoral yang juga berkontribusi dalam penelitian menyebutkan asam lemak omega 3 punya kemampuan anti infeksi yang bisa mempercepat regenerasi sel kulit. Selain itu, asam lemak ini juga bisa mencegah terjadinya melanoma dan kanker kulit.

Tidak hanya bagi kulit, minyak ikan juga bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan rambut. Dengan mengonsumsi minyak ikan secara teratur, akar dan batang rambut bisa semakin kuat dan tidak mudah patah. Selain itu, para peneliti juga menemukan bahwa kekurangan asam lemak omega 3 bisa menyebabkan warna rambut memudar serta rontok.

Jika tidak suka mengonsumsi minyak ikan dalam bentuk pil atau suplemen, asam lemak bisa didapat lewat ikan dan kacang-kacangan.

Studi: Minyak Ikan Cegah Kemoterapi Bekerja

Baca juga:



KPU Tangerang Sebut Proses Pendaftaran Pemilukada 2024 Dibuka Mei
suplemen

Minyak Ikan Tak Punya Manfaat untuk Otak, Benarkah?

Suplemen minyak ikan digunakan untuk meningkatkan fungsi kognisi.

img_title
VIVA.co.id
28 Agustus 2015