Alex Komang, Kader NU yang Perkenalkan Perfilman Modern

Alex Komang
Sumber :
  • VIVAlife/ Al Amin
VIVA co.id -
Duka di Pemakaman Aktor Legendaris Alex Komang
Alex Komang meninggal dunia Jumat malam, 13 Februari 2015. Berpulangnya aktor senior itu menyisakan duka yang mendalam bagi warga Jepara, Jawa Tengah.

Ini Pesan Terakhir Alex Komang Kepada Isteri

Alex Komang adalah asli putra daerah Jepara. Pria yang pernah mendapatkan Piala Citra tahun 1987 itu dianggap sebagai tokoh inspiratif bagi warga Jepara. Dia telah mengangkat kesenian di kota asalnya.

"Beliau adalah satu dari warga Jepara yang perhatian terhadap kesenian dan kebudayaan. Beliau jadi tokoh seniman dan tokoh kebudayawan nasional," ujar Bupati Jepara, Ahmad Marzuki, Sabtu, 14 Februari 2015.

Menurut Ahmad, putra Jepara kelahiran, 17 September 1961 itu sudah mengharumkan nama negeri Kartini lewat prestasi di dunia seni hingga populer di mata nasional.

Kata Ahmad, meski telah puluhan tahun malang melintang di perfilman dan kebudayaan nasional, Alex masih terus peduli dan menjadi inisiator perkembangan seni dan budaya di Jepara. Terakhir, Alex menjadi inisiator festival Kartini di Jepara yang dimulai pada tahun 2012 lalu.

"Saya akrab sejak diberi amanat sebagai Bupati Jepara. Beliau adalah inisiator festival Kartini di Jepara yang diselenggarakan sejak 2012. Ini masuk yang ketiga. Namun satu di antara inisiatornya telah dipanggil Allah," ujar Ahmad.

Hal senada diungkapkan Al Zastrouw, Ketua Lembaga Seniman dan Budayawan Muslimin (Lesbumi) Jakarta. Sebagai seorang pemuda yang tumbuh di kalangan keluarga Islami, Alex Komang tetap membuktikan sebagai kader Nahdhatul Ulama (NU) yang mampu memperkenalkan budaya perfilman moderen.

Alex bahkan terus mengembangkan seni kepada santri NU di pelosok negeri. Serta menumbuhkan generasi NU yang mengenal kebudayaan moderen dan sinematografi.

"Ini adalah usaha mas Alex kepada NU. Alex adalah kader ulama dan santri yang masuk ke kebudayaan modern tanpa hanyut di gemerlap dunia modern," ujar Zastrouw yang mewakili ulama PBNU Jakarta.

Tak hanya kalangan santri, tokoh besar perfilaman Indonesia, Slamet Rahardjo juga mengaku, Alex telah membuktikan namanya mampu bersaing di jagat perfilman nasional. Hal itu dibuktikan dengan berbagai nominasi yang diraih mantan Ketua Badan Perfilman Indonesia itu.

"Sebagai anak desa, Alex tetap menjadi anak desa yang memiliki kejelasan kepribadian dan kejelasan kebudayaan. Meski namanya telah besar," kata Slamet Rahardjo.

Baca juga:

Slamet Rahardjo: Alex Melambungkan Citra Film Indonesia

Alex Komang

Alex Komang Wafat Sebelum Sempat Buat Film Kartini

Mendiang sangat ingin membuat film dokumenter pahlawan wanita itu.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2015