Cita Citata Terancam Dipenjara 7 Tahun dan Denda 7 Miliar

Cita Citata
Sumber :
  • Seputar Obrolan Selebriti-antv

VIVA.co.id - Pelantun "Goyang Dumang," Cita Citata, terancam hukuman penjara 7 tahun serta denda Rp7 miliar. Ini terkait perkataannya yang dianggap berbau hinaan SARA (suku, agama dan ras) bagi warga Papua.

"Dia mengatakannya di tempat publik lewat media massa. Sesuai dengan undang-undang ITE nomor 11 tahun 2008, Cita Citata bisa dipenjara 7 tahun dan denda Rp7 milliar," kata Deddy J. Syamsudin, pengacara John Glube Gebze, ketua suku Papua Selatan, di kantor Komnas HAM, Senin, 16 Februari 2015.

Pihaknya, kata Deddy menyayangkan sikap pelantun Sakitnya Tuh Di Sini yang rasis dan menyinggung etnis tertentu. "Harusnya jangan begitu dong. Warga Papua kan juga saudara-saudara kita juga. Harusnya saling menghargai satu sama lain," tutur Deddy.

Pihaknya akan mencoba memproses kasus tersebut sampai penyanyi yang bersangkutan minta maaf secara benar ke warga Papua.

"Harus gentle dong, jangan minta maaf lewat instagram. Warga Papua kan keluarga besar, nggak cuma satu orang. Harus minta maaf di depan media massa kalau perlu datangi warga Papua, jangan cuma lewat instagram," ucapnya.

Deddy beserta kliennya menunggu itikad baik dari penyanyi tersebut agar menjelaskan maksud dari statemennya tersebut. "Biar jelas, biar ada keadilan buat warga Papua, mereka kan masih saudara kita," katanya.

Cita Citata Cabut Laporan Soal Amri?


Sebelumnya dalam sebuah tayangan infotainmen, Cita melontarkan kata-kata menyindir soal penampilannya yang mengenakan pakaian adat Papua.

"Cantik masih tetap, harus dicantikin mukanya. Nggak kayak Papua kan," ujar Cita dalam wawancara tersebut.

Pernyataan tersebut disambut kemarahan masyarakat Papua. Salah satu yang angkat bicara adalah tokoh Papua Selatan, Johannes Gebze. Dalam wawancaranya melalui sambungan telepon, Minggu, 15 Februari 2015, ia mengaku tidak nyaman dengan kata-kata yang diucapkan Cita dalam wawancaranya di televisi.

"Kami tidak nyaman dengan kata-kata 'cantik kan, nggak seperti orang Papua' itu yang mendapatkan reaksi orang Papua," ungkap Johannes.

Ia meminta pelantun Goyang Dumang itu untuk segera minta maaf. Ia akan memberikan waktu tiga hari kepada Cita untuk menyampaikan penyesalan dan permintaan maafnya. (ren)

Baca juga:

Anggota DPR Amri Tuasikal Blak-blakan soal Cita Citata
CIta Citata

Cita Citata Berdamai dengan Anggota DPR Amri

Amri adalah mantan kekasih Cita.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016