Perhatikan Penyebab Penurunan BI Rate Hari Ini

Suku Bunga Acuan Tetap
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Kepala Ekonom PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), Anggito Abimanyu, memperkirakan, tingkat suku bunga Bank Indonesia (BI rate) yang rencananya akan diumumkan hari ini, Selasa 17 Februari 2015 akan menurun. Menjadi 7,50 persen atau turun 25 bps‎ dari bulan lalu yang sebesar 7,75 persen.

"BI akan menurunkan BI rate sebesar 25 bps. BI rate ini kan disesuaikan atau adjust. Kalau dilihat attitude, biasanya  BI preventive maka BI akan cepat menyesuaikan deflasi," ujarnya di Gedung BRI 1 Jakarta, Senin 16 Februari 2015.

Menurutnya, selain penyesuaian kondisi ekonomi Indonesia yang mengalami deflasi, penyesuaian BI rate juga akan mempertimbangkan kemungkinan peningkatan suku bunga bank sentral AS (Fed Fund Rate/FFR) yang diperkirakan kenaikannya tidak akan setinggi dari rencana sebelumnya.

"Tahun ini ekonomi Indonesia akan mengalami transisi dari inflasi ke deflasi. Selain itu, BI juga akan mempertimbangkan kenaikan suku bunga the Fed yang tidak akan setinggi dari sebelumnya. Dan waktunya pun diundur, bukan Juli melainkan September 2015," tuturnya.

Kebijakan moneter BI ini akan diikuti bank-bank lain. Selain itu, Otoritas Jasa Keuangan juga mengikuti suku bunga acuan sebagai jangkar pemodalan di Indonesia.‎

Bank Dunia Nilai Suku Bunga BI Terlalu Tinggi

Namun, persoalanannya berapa lama terjadi, tergantung suku bunga penjaminan dan pengawasan OJK. "Saya kira semua bank akan mengikuti, dimana otoritas memiliki kewenangan, sehingga akan diikuti," jelasnya.

Abimanyu pun mengungkapkan bahwa rencana kenaikan BI rate akan dilaksanakan bulan ini atau bulan depan. Alasannya, dengan di bawah kepemimpinan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo, BI terkenal lebih responsif terhadap kondisi pasar.

"Jika tidak bulan ini, maka bulan depan BI Rate akan disesuaikan. Itu sudah dipahami oleh pasar. BI di bawah pak Agus terkenal lebih responsif, kredibel dan memahami situasi ke depan," tambahnya.

Baca juga:

Logo Bank Indonesia.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

7 Days Repo Rate lebih efektif menekan suku bunga perbankan.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016