Paceklik, Harga Ikan Laut Naik Hingga Rp25 Ribu

Tangkapan ikan dari para nelayan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yusran Uccang

VIVA.co.id - Harga ikan laut, khususnya di pasar ikan Pelabuhan Ratu, Jawa Barat, dalam dua pekan terakhir mengalami kenaikan, menyusul berkurangnya pasokan dari nelayan.

Adapun, harga ikan laut yang mengalami kenaikan di antaranya, ikan tongkol, layur, kakap, tenggiri, dan lainnya.

Rata-rata kenaikan ikan laut sebesar Rp5-25 ribu per kilogram (kg). Tingginya harga ikan menyebabkan berkurangnya pembeli, sehingga penjual tidak berani menyimpan persediaan dalam jumlah banyak.

Sulitnya mendapatkan pasokan ikan dari nelayan lokal menjadi salah satu faktor penyebab tingginya harga. Kondisi laut yang sedang dilanda cuaca buruk membuat nelayan lebih memilih untuk tidak melaut.

Selain itu, saat ini perairan Teluk Pelabuhan Ratu sedang memasuki musim paceklik ikan.

Yana Mulyana, pedagang ikan, mengatakan saat ini,  harga ikan laut sedang tinggi karena banyak nelayan yang tidak melaut, sehingga pedagang terpaksa membeli dari luar Pelabuhan Ratu, seperti Jakarta, Cirebon, dan Banten.

Dia menuturkan, saat ini, harga ikan segar seperti tenggiri dijual Rp65 ribu per kg, atau naik Rp10 ribu. Sementara itu, untuk udang lobster dalam kondisi mati dijual dengan harga Rp150 ribu per kg dan yang masih hidup Rp250 ribu per kg. (Laporan: Rizki Gustana/asp)

Harga Ikan Laut Mahal Saat Lebaran, Ini Penyebabnya

Baca juga:



Pedagang sayur mayur

Awal Tahun, Harga Sayuran di Aceh Meroket

Harga ikan ikutan naik, karena nelayan takut melaut.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2016