Manjakan Pelanggan Bandung, XL Modernisasi Jaringan

Menara BTS XL Axiata.
Sumber :
  • XL

VIVA.co.id - Tuntutan kualitas layanan terus meningkat, seiring dengan volume trafik yang makin besar. Tidak heran, jika operator telekomunikasi tidak henti untuk melakukan modernisasi jaringan.

Setelah Indosat melakukan modernisasi jaringan untuk menegaskan layanan HD Voice-nya, XL juga melakukan modernisasi jaringan di salah satu wilayah dengan trafik yang dianggap padat, yakni Bandung.

Matahari Mall dan XL Klarifikasi soal Isu Pemblokiran

Modernisasi jaringan ini untuk menambah kapasitas, agar kualitas layanan, baik suara, SMS maupun data menjadi lebih baik.

"Modernisasi di Bandung ini menyusul, setelah dilakukan di berbagai area lain, baik Jawa maupun Sumatera. Ini sebagai langkah antisipasi membludaknya akses pelanggan data, yang pastinya membutuhkan kecepatan dan kestabilan sinyal," ujar Vice President XL Central Region, Bambang Parikesit, dalam keterangannya, Selasa 17 Februari 2015.

Dikatakan Bambang, proses ini akan dimulai dari kota Bandung berlanjut ke seluruh kabupaten dan kecamatan yang ada di Bandung. Diprediksi akan butuh waktu sampai akhir Maret 2015, untuk menyelesaikan proses ini.

"Modernisasi jaringan yang dilakukan XL berupa perbaikan desain, penggantian perangkat, penataan dan optimisasi jaringan. Untuk penggantian perangkat dilakukan dengan melakukan modernisasi RBS (Radio Base Station) 2G eksisting lama dengan perangkat terbaru yang lebih canggih dan lebih besar kapasitasnya," ujar Bambang.

Pada modernisasi jaringan ini, kata dia, juga dilakukan penggabungan beberapa perangkat RBS menjadi satu, atau dikenal dengan istilah 'Single RAN'. Dengan penggabungan ini dipastikan perusahaan akan menjadi lebih hemat, baik tempat maupun biaya karena lebih praktis dalam pengoperasiannya.

"Saat ini, jumlah pelanggan XL di area Bandung sudah lebih dari 2,5 juta, ditopang lebih dari 2.000 BTS 2G/3G, atau sudah menjangkau seluruh area hingga kecamatan," kata Bambang. (asp)


Baca juga:

Kurangi Beban Kurs, XL Lunasi Utang Rp2,03 Triliun

Teknologi XL Bantu Penumpang Pantau Lokasi Bus Damri



Dian  Siswarini  dan  Hans  Prawira

Xl Axiata Gandeng Alfamart untuk Permudah Penjualan Pulsa

Program tersebut adalah Harga Pas dan XL Day.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2016