Kereta Api Tambah 50 Jadwal Perjalanan

Tiket Kereta Api habis
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menambah 50 jadwal perjalanan per 1 April 2015. Penambahan jadwal tersebut berlaku untuk angkutan penumpang maupun barang.

"Penambahan jadwal itu untuk meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta. Beberapa perubahan perjalanan kereta api itu tertuang dalam program Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2015," kata Manajer Humas PT KAI Daop IV Semarang, Suprapto, di Semarang, Selasa 17 Februari 2015.

Perubahan ini diberlakukan karena pada Gapeka sebelumnya terdapat kereta yang berjalan langsung (tidak berhenti) di beberapa stasiun di Pulau Jawa. Upaya ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan penumpang terkait sterilisasi stasiun.

Selain itu, pertumbuhan volume angkutan penumpang dan barang yang terus meningkat per tahunnya menjadi alasan pelayanan kereta api terus ditingkatkan. Pada 2014, volume angkutan penumpang mencapai sekitar 280 juta penumpang dan volume angkutan barang 32 juta ton.

Tarif Delapan Kereta Ekonomi Turun

"Untuk pertumbuhan angkutan barang 2015 ditargetkan sebesar 35 persen. Dan angkutan penumpang dapat tumbuh 10 persen dibanding 2014," ujarnya.

Penambahan 50 jadwal perjalanan kereta baru itu berlaku untuk angkutan penumpang dan 24 jadwal perjalanan kereta baru bagi angkutan barang di Jawa. Untuk KRL Jabodetabek, PT KAI menambah 7 loop perjalanan KRL dan menambah 2 jadwal perjalanan KA Bandara Kualanamu.

"Jadwal perjalanan kereta pada Gapeka 2015 dibuat lebih realistis dan fokus pada keselamatan serta ketepatan waktu. Selain itu, untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan moda transportasi massal yang bebas macet, aman, dan nyaman," tuturnya. (art)

Baca juga:

6 Jalur Kereta Perintis Ini Dapat Subsidi Puluhan Miliar
Ilustrasi layanan kereta api di Indonesia

Jelang Libur Panjang, Tiket Kereta Sisa 30 Persen

Untuk keberangkatan 24 Maret 2016 tiket hampir habis.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2016