Bursa Asia Menguat, Indeks Nikkei Naik ke Level Tertinggi

Tokyo Stock Exchange
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id - Pasar saham utama Asia dibuka lebih tinggi pada transaksi awal Rabu 18 Februari 2015, dengan indeks Nikkei di bursa saham Tokyo melonjak ke level tertinggi sejak 8 tahun.

Namun, dikutip dari laman CNBC, volume perdagangan kemungkinan akan menjadi ringan menjelang liburan Tahun Baru Imlek. Adapun pasar saham di Tiongkok, Taiwan, dan Korea Selatan tutup, sedangkan pasar saham Singapura dan Malaysia akan buka setengah hari.

Semalam, indeks saham utama Amerika Serikat ditutup menguat dan mencetak rekor baru. Hal tersebut didorong oleh sentimen positif dari Yunani.

Seorang sumber di Brussels mengatakan, Yunani bermaksud meminta perpanjangan perjanjian utang dengan mitra dagangnya di zona euro. Menurutnya, ini sangat berbeda dengan program bailout penuh ke negaranya.

Indeks Nikkei di bursa Tokyo pagi ini naik 0,8 persen. Indeks acuan pasar saham Jepang ini mencapai level tertinggi dalam 8 tahun.

Saham Sony dan Mitsubishi Electric naik lebih dari 2 persen, sedangkan saham Nikon dan Panasonic masing-masing naik 3 persen dan 2,6 persen.

Sementara itu, indeks S&P ASX 200 di bursa Sydney menguat 0,3 persen. Indeks patokan pasar saham Australia ini menguat berkat lonjakan harga saham Tol Holdings. (one)

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah

Baca juga:



Bursa Efek Australia atau Australian Securities Exchange (ASX)

Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS

Investor mencermati siapa presiden AS yang baru.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016