Cuma Satu Cara Lawan Peretas Equation: Hancurkan Hard Disk

Ilustrasi hard drive hancur
Sumber :
  • Lastresistence
VIVA.co.id -
Hacker Jajakan 200 Juta Akun Pengguna Yahoo
Equation diklaim sebagai peretas paling hebat saat ini. Selain tidak mudah dideteksi, Equation juga sulit untuk dilumpuhkan. Lalu bagaimana cara terbaik untuk menghindar menjadi korban Equation?

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Produsen software keamanan siber, Kaspersky Lab yakin jika banyak komputer di dunia yang telah terinfeksi malware besutan Equation. Bahkan diyakini jika NSA berada di balik
Cegah Cyber Crime, Pekerja IT BEI Bakal Disertifikasi
software hacking yang menargetkan 30 negara di dunia.


"Cara terbaik untuk memerangi Equation dan menghindar agar tidak menjadi korban mereka adalah dengan menghancurkan hard drive (HD) yang terinfeksi," ujar tim riset keamanan di Kaspersky, Igor Soumenkov, seperti dikutip dari
Mashable
, Rabu 18 Februari 2015.


Software mata-mata itu, kata Soumenkov, bersembunyi di bagian terdalam hard drive. Dipercaya, membersihkan drive dengan cara
flushing
atau menginstal ulang segala yang ada di dalamnya, tetap tidak akan menghilangkan benih yang sebar Equation. Hampir semua hard drive dari berbagai merk mampu dimodifikasi oleh Equation, mulai dari Maxtor, Seagate, Western Digital, sampai Samsung.


"Sayangnya, tidak banyak pengguna yang menyadari jika drive mereka telah disusupi software mata-mata. Mereka menggunakan enam platform malware yang berbeda dan hanya ahli keamanan siber yang mampu mendeteksi. Mereka juga bisa menginfeksi perangkat Windows, software non-Windows, firmware HD, sampai hardware dari USB sampai CD," kata Soumenkov.


Menurut pakar keamanan siber lainnya, Bruce Schneier, semua orang harus waspada dengan aksi kejahatan ini. Menurut dia, jika teknik peretasan ini bisa digunakan untuk 'perang' antarpemerintah, maka kriminal siber lain pun bisa memanfaatkannya.


"Karena teknik ini telah menjadi perhatian publik, diharapkan perusahaan antivirus akan cepat tanggap, mencari cara untuk mendeteksi dan menghalau aksi ini," kata Shcneier.


BACA JUGA:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya