Google Rayakan Hari Lahir Penemu Baterai

Google doodle rayakan hari lahir Alessandro Volta
Sumber :
  • google doodle

VIVA.co.id - Jika masih hidup hingga hari ini, ilmuwan Alessandro Volta akan berusia 270 tahun. Fisikawan asal Italia ini dikenal sebagai penemu baterai pada tahun 1800-an.

Google merayakan hari kelahiran Volta dengan menggambarkan doodle berupa rangkaian logam yang tersusun dan mampu mengalirkan listrik. Doodle itu dibuat oleh Mark Holmes, salah satu desainer Google Doodle yang menyebut dirinya "orang baru" di perusahaan itu.

"Setelah menganalisis mengenai Volta, saya terkejut dengan sejarahnya bahwa teori Volta ditemukan saat ia sedang membedah kodok dengan koleganya, profesor anatomi, Galvani," demikian Holmes mengisahkan inspirasi dari gambar doodle buatannya itu, seperti dikutip dari Google, Rabu 18 Februari 2015.

Sambut Tahun Baru, Google Bikin Animasi Burung dan Telur

Saat listrik tidak menyala, kaki kodok tiba-tiba bergetar seperti ada aliran listrik. Saat Galvani menganggap jika manusia mampu mengalirkan listrik, Volta memiliki pendapat lain. Menurut Volta, aliran listrik yang menggerakkan kaki kodok disalurkan dari dua logam berbeda yang menyentuh kodok itu.

Volta lahir pada 1745 di kota Como, Italia Utara. Sebelum menemukan electrophorus, atau perangkat yang memproduksi listrik statis, dia menjadi profesor fisika pada 1774 lulusan Royal School di Como.

Penemuan Volta terdiri atas cakram logam yang berbeda, termasuk tembaga dan seng, yang dipisahkan oleh kertas yang telah direndam dengan air garam. Volta berhasil memproduksi listrik yang stabil dan bisa diperhitungkan. Setelah ditemukan, dalam hitungan minggu, gelombang penemuan pun muncul di era baru ilmu kelistrikan.

Setelah diangkat menjadi orang penting di era Raja Napoleon Bonaparte tahun 1810, Volta pensiun pada 1819 dan menetap di Camnago. Dia meninggal pada 1827. (art)

BACA JUGA:

Rayakan Hari Ibu, Google Tampilkan Animasi Unik

Doogle Google peringati kelahiran Hidetsugu Yagi.

Mengenal Perintis Antena Radio dan Televisi

Google memperingati hari kelahiran Hidetsugu Yagi dalam doodle.

img_title
VIVA.co.id
28 Januari 2016