DRC Indosat Jatiluhur Siap Amankan Data Saat Bencana

Maket gedung DRC Jatiluhur Indosat
Sumber :
  • Vivanews/Agus
VIVA.co.id -
Indosat Rugi Rp1,3 Triliun
PT Indosat Tbk mengembangkan fasilitas baru, Data Center - Disaster Recovery Center (DC/DRC) untuk menjawab kebutuhan penggunaan terhadap sistem teknologi informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan korporat dalam menjalankan bisnisnya.

Cara Indosat Ooredoo 'Paksa' Anak SD Buat Aplikasi HP

Pusat Pemulihan Bencana (DRC) yang dibangun oleh Indosat ini berada di daerah Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat. DRC tersebut merupakan yang ketiga. Dua sebelumnya telah dibangun di tempat yang sama.
Indosat Ooredoo Sasar 5 Juta Pengguna 4G Plus per Bulan


Feby Sallyanto, Group Head Major & Strategic Account Indosat menjelaskan tidak ada perbedaan antara Data Center maupun DRC. Data Center hanya digunakan sebagai penyimpanan, sementara DRC sebagai
back-up
sistem IT utama yang dipergunakan dan menempatkan infrastruktur beserta datanya di lokasi terpisah. Ini untuk memastikan para korporat tetap dapat menjalankan bisnisnya, saat layanan IT-nya terjadi masalah.


"Tujuan utama kami adalah menjamin kontinuitas operasi dan layanan para pelanggan bisnis yang menempatkan sistem IT-nya di fasilitas DC/DRC yang kami bangun, dengan memastikan bahwa perangkat server pelanggan tetap bekerja," ujar Feby di Purwakarta, Rabu, 17 Februari 2015.


Dikatakan, dipilihnya pembangunan DRC di Purwarkata ini dikarenakan daerah tersebut berada jauh dari perkotaan, aman dari bencana alam seperti gempa bumi, serta menjamin dapat menangkal serangan teroris.


Sedangkan, terkait Data Center, operator telekomunikasi berbasis GSM ini mempunyai enam unit. Tersebar tiga di Jakarta, satu di Purwakarta (terdiri tiga DRC), satu di Bandung, dan satu lainnya di Bali.


Fasilitas untuk segmen korporat ini akan didukung dengan infrastruktur teknologi data center terkini meliputi sistem kelistrikan, sistem pendingin, sistem potensi kebakaran, sistem pengamanan, manajemen
data center
, dan fasilitas bekerja untuk para karyawan pelanggannya, saat sistem IT bermasalah.


Selain itu, DC/DRC disuplai oleh dua sumber listrik yaitu Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan Perum Jasa Tirta II untuk menjaga ketersediaan daya hingga 99,99 persen


Ditemui di tempat yang sama, Ginandjar, Direktur DataCom & IT Lintasarta mengemukakan kalau layanan yang disediakannya, sebagai anak perusahaan Indosat, memicu pertumbuhan bisnis di atas 21 persen dari tahun lalu.


"Data Center dan DRC merupakan bisnis utama layanan IT services Indosat dan Lintasarta. Seluruh infrastruktur layanan IT Services yang disediakan Indosat dan Lintasarta seperti
public
atau
private cloud
kita tempatkan di dalam Data Center dan DRC dengan fasilitas terbaik," ujar dia.


Pembangunan fasilitas DC/DRC ini diharapakan dapat rampung pada April tahun ini. Bila sudah selesai dibangun maka fasilitas yang dihadirkan oleh Indosat ini menjadi bagian dari 25 fasilitas DC/DRC di Acacia Global Data Center di tujuh negara Asia Tenggara.



Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya