Miliarder Ini Pernah Ditolak untuk 30 Pekerjaan Berbeda

Pendiri Alibaba Jack Ma.
Sumber :
  • REUTERS/Bobby Yip
VIVA.co.id
Alibaba Cetak Rekor Transaksi Tiga Triliun Yuan
- Jack Ma saat ini merupakan salah satu pengusaha paling sukses di dunia. Perusahaannya, Alibaba, menarik 100 juta konsumen dalam sehari. Kekayaannya saat ini diperkirakan $20,4 miliar.

Alibaba Group Suntik Rp32,4 Triliun ke Apotek Online

Tapi sebelum memiliki kekayaan lebih dari Rp 262 triliun, yang membuatnya menjadi orang terkaya di China, dia ternyata telah mengalami banyak penolakan saat melamar pekerjaan.
Juni, Alibaba Group Luncurkan Online Bank


Dikutip dari laman
Business Insider
, Rabu, 18 Februari 2015, Ma mengungkap setelah lulus kuliah, dia melamar 30 pekerjaan berbeda, termasuk di restoran cepat saji KFC. Semuanya ditolak.


"Saya melamar pekerjaan di kepolisian, mereka bilang Anda tidak cukup bagus. Saya melamar ke KFC, ada 24 orang yang juga melamar dan 23 orang diterima. Saya satu-satunya yang ditolak," kata Ma.


Saat Ma membuat Alibaba pada 1998, dia menemui lebih banyak kendala. Situs retail di internet itu tidak mendatangkan keuntungan selama tiga tahun pertama, memaksanya untuk kreatif.


Salah satu tantangan utamanya adalah, karena Alibaba tidak menyediakan cara melakukan pembayaran, serta tidak ada bank yang mau bekerjasama dengannya.


Ma kemudian memutuskan untuk membuat sendiri program pembayaran, yang dinamakannya Alipay. Program itu secara otomatis menukarkan kurs, pada pembayaran antara pembeli dan penjual internasional.


"Begitu banyak orang yang saya ajak bicara saat itu tentang Alipay, mengatakan bahwa ini ide terbodoh yang pernah saya miliki. Saya tidak peduli jika itu bodoh, selama orang dapat menggunakannya," ucap Ma.


Hari ini, 800 juta orang menggunakan Alipay. Jadi, apakah itu ide terbodoh?


(ren)


Simak Juga:




Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya