Begini Suasana Petak Sembilan Ketika Imlek Datang

Sembahyang Imlek Warga Tionghoa
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Kawasan Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, menjadi salah satu titik pusat perayaan tahun baru Imlek, yang disambangi banyak orang, pada Kamis, 19 Januari 2015.

Wajar, karena di sini ada banyak terdapat wihara- wihara besar yang berusia ratusan tahun. Surya, 60 tahun, seorang warga sekitar yang datang dari keturunan etnis Tionghoa mengatakan, kawasan Petak Sembilan memang  selalu dipenuhi oleh sejak dari zaman Belanda.

"Kawasan pecinan di sini banyak dihias wihara tua-tua, kalau kita (Surya dan keluarganya) sudah dari zaman Belanda datang ke sini," katanya. Dia menjelaskan, saking terkenalnya wilayah ini, banyak warga dari luar kota maupun luar daerah menuju ke sana untuk beribadah. "Ya begini, tiap Imlek biasanya ramai orang datang ke daerah ini," tambahnya.

Menyinggung soal tradisi unik saat perayaan Imlek, Surya mengatakan setiap puncak tahun baru China, diadakan arak-arakan Tepekong atau patung besar yang terdapat di wihara. “Biasanya patung tersebut diarak di wilayah sekitar wihara, dibawa keliling sampai Kota Tua, terus berputar di Olimo, lalu balik lagi ke sini," katanya.

KPK Ungkap Background Pejabat Pemilik Aset Kripto Miliaran

Baca juga:

Kejuaraan Golf Internasional, Pj Gubernur Sumut Optimis Jadi Ajang Pembinaan Atlet

Brigade al-Quds Brigade Tulkarm, Mohammad Jaber atau Abu Shujaa

Dikira Tewas oleh Israel, Komandan Al Quds Abu Shujaa Tiba-tiba Muncul di Pemakaman

Komandan kelompok bersenjata Palestina Al-Quds, Brigade Tulkarm di Tepi Barat, Abu Shujaa yang diberitakan telah terbunuh oleh pihak Israel pekan lalu, tiba-tiba muncul.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024