Serunya Lomba Kreasi Jilbab di Masjid Cheng Ho

Lomba jilbab
Sumber :
  • VIVA / Tudji Martudji

VIVA.co.id – Pada Imlek 2566, Komunitas Wirausaha Muslim (KWM) menggelar kegiatan dengan cara berbeda. Mereka menggelar lomba kreasi jilbab bagi mualaf keturunan Tionghoa, dengan tema Seribu Jilbab untuk Mualaf di Masjid Cheng Ho, Surabaya, Kamis, ‎19 Februari 2015.

Sekitar 100 peserta berlomba mengkreasi berbagai macam jenis jilbab. Ada yang jadi model jilbab Paris, Pashmina, atau lokal, semua dikombinasi dengan bentuk wajah dipadu baju panjang menutup aurat. Humas KWM, Wirawan Dwi menyebut, kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya, memotivasi mualaf muslimah keturunan bersemangat menutup aurat.

"Dengan menjadi muslimah, sedikit demi sedikit mereka harus mengubah kebiasaan dulu. Misalnya senang memakai rok pendek, baju lengan pendek," kata Wirawan.

Melalui kreasi jilbab, para mualaf Tionghoa dibebaskan berkreasi membuat model jilbab sesuai selera, guna menampilkan pribadi masing-masing. Seperti para hijabers yang jiwanya pemalu, mengkreasi jilbab yang dipakai layaknya anak sekolah yang baru belajar hijab. Sementara yang suka eksis, mereka sengaja memberi pernak- pernik berwarna.

"Iya, sebagai mualaf, kita harus mengedepankan tata cara berbusana muslimah yang sopan. Tetapi sebagai sesama etnis Tionghoa, kita tetap menghormati, saudara-saudara yang sedang rayakan Imlek," kata Riana, salah seorang peserta.

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa

Baca juga:


Istri Ungkap Kondisi Terkini Parto Patrio Usai Jalani Operasi


2 Debt Collector yang Hendak Ambil Paksa Mobil Polisi di Palembang Jadi Tersangka


Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024