Fokus pada Keberhasilan Membuat Anda Egois

Ilustrasi Persaingan Kantor
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
- Menurut sebuah studi, orang yang selalu berorientasi pada keberhasilan, kemungkinan untuk bekerja sama lebih kecil di dalam sebuah kelompok. 

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
"Pada eksperimen ini, para peneliti belajar bagaimana beberapa tipe orang yang berbeda berperilaku, ketika mereka harus bekerja sama dalam kelompok," kata Pieter Van Den Berg dari University of Groningen di Belanda, seperti dilansir laman Times of India. 

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial
"Ternyata, perilaku dalam kelompok orang sukses, berorientasi jauh lebih egois dibandingkan kelompok orang yang mayoritas berorientasi. Akibatnya, orang-orang di kelompok orang yang mayoritas berorientasi, cenderung untuk mendapatkan lebih banyak uang dalam percobaa,n karena mereka bekerja sama lagi," kata Lucas Molleman dari University of Nottingham di Inggris.

Untuk penelitian ini, 200 peserta diajak ke labotarium komputer di University of groningen. Mereka diminta untuk membuat keputusan untuk memengaruhi pendapatan mereka.

Grup yang dibentuk, di mana peserta bisa memilih antara opsi egois (meningkatkan pendapatan mereka sendiri) dan pilihan yang menguntungkan semua anggota kelompok mereka. 

Di antara keputusan mereka, orang bisa mengumpulkan informasi dari rekan anggota kelompok mereka, tentang pilihan mayoritas dan informasi tentang pilihan mana yang memberikan bayaran terbaik.  

Temuan menunjukkan, kerja sama yang baik dalam kelompok tergantung pada bagaimana orang mengumpulkan informasi tentang rekan-rekan mereka, dan bagaimana mereka mendasari keputusan koperasi mereka diatasnya.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya