Di Malang, Harga Eceran Tertinggi Elpiji Melon Naik

Pekerja menurunkan tabung gas elpiji 3 kg
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Rudi Mulya.

VIVA.co.id - Harga eceran tertinggi (HET) gas elpiji melon bersubsidi ditetapkan naik dari Rp14 ribu menjadi Rp16 ribu. Kenaikan HET tersebut, tertuang dalam Keputusan Gubernur Jawa Timur, 28 Januari 2015 yang diberlakukan sejak sepekan terakhir di Malang.

"Efektif sejak seminggu ini harga gas elpiji tiga kilogram naik," kata Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) Malang, Yusuf Hermana, Jumat 20 Februari 2015.

Kenaikan HET, menurutnya, disesuaikan dengan kenaikan yang telah berlangsung di sejumlah daerah lain. Beberapa daerah seperti Jawa Tengah, telah naik terlebih dahulu.

Selain itu, naiknya HET juga berkaitan dengan biaya distribusi, atau biaya angkut ke pangkalan. "Jika tak naik, penjualan elpiji tiga kg bisa lari ke daerah lain, seperti ke Jawa Tengah," ujarnya.

Selain itu, naiknya harga dilakukan untuk memperkecil disparitas, atau perbedaan harga dengan gas elpiji 12 kg. Jika perbedaan harga terlampau jauh, dikhawatirkan akan terjadi penyalahgunaan, seperti pengoplosan gas elpiji tiga kg ke 12 kg. Sedangkan, jika di tingkat pengecer, atau toko harga gas elpiji bakal melebihi Rp16 ribu.

Sementara itu, juru bicara PT Pertamina Region Jawa Timur Bali, Happay Wulansari, menjelaskan meski harga gas elpiji tiga kg naik, konsumsi tetap stabil, yakni 120 ribu per hari.

Menurutnya, jika ditemukan pelanggaran penjualan di atas HET, PT Pertamina bisa menjatuhkan sanksi. "Sanksi skorsing penurunan alokasi, sampai pemutusan hubungan usaha," ujarnya.

Dia menambahkan, HET gas elpiji tiga kg setiap daerah berbeda, disesuaikan dengan transportasi distribusi. Sedangkan sistem distribusi masih terbuka dan tak dibatasi keluarga miskin.

Jika menggunakan kartu kendali, kata Happy, PT Pertamina siap mengawasi dan mengendalikan volume gas elpiji bersubsidi tersebut. (asp)

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik
Special Delivery Ceremony Mitsubishi Xforce

Tertarik Beli Mitsubishi XForce, Segini Bayar Pajak Tahunannya

Mitsubishi XForce hadir sebagai pendatang baru yang menarik di kelas compact SUV. Mobil ini menawarkan perpaduan desain stylish nan gagah, fitur berlimpah, performa mesin

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024