Lion Air Delay Berhari-hari, Ini Tanggapan Jokowi

Ratusan penumpang pesawat Lion Air mengamuk di dalam bandara setelah batal berangkat di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara
Sumber :
  • ANTARA/Jeksyon

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo ikut menyoroti keterlambatan penerbangan (delay) maskapai Lion Air selama berhari-hari. Menurutnya, seharusnya pelayanan kepada masyarakat dilakukan semaksimal mungkin.

"Yang jelas, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat itu harus sebaik-baiknya," kata Jokowi, di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat 20 Februari 2015.

Selanjutnya, kata dia, wartawan bisa bertanya ke Kementerian perhubungan, atau perusahaan Lion Air.

"Itu ditanyakan ke Menhub (Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan), atau ditanyakan ke perusahaannya," ujar dia.

Sebelumnya, penumpukan penumpang maskapai Lion Air di terminal 1 B dan terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta masih terjadi hingga hari ini.

Penumpang semakin banyak yang berdatangan ke terminal tersebut. Salah satu staf Lion Air mengaku, penyebab delay ini karena beberapa hal.

"Pertama, ada sembilan pesawat kami yang rusak, sehingga tidak memungkinkan terbang, karena menyangkut nyawa penumpang, pilot, dan sebagainya," kata staf Lion yang tidak ingin disebutkan namanya itu, saat dihubungi VIVA.co.id.

Dia menambahkan, selain pesawat yang rusak, penyebab lainnya karena minimnya kru pesawat. Selain itu, faktor yang paling menghambat ialah penumpang yang menumpuk dan mengantre, serta pesawatnya belum memiliki izin penerbangan.

Pihak niaga, dia melanjutkan, memanfaatkan peak season ini untuk menjual tiket pesawat sebanyak-banyaknya.

"Kami punya datanya, dan memang dilihat hingga pukul 20.00 nanti penumpang yang beli tiket di niaga masih banyak," katanya.

Tak hanya itu, usai kejadian kecelakaan AirAsia beberapa waktu lalu, membuat pembenahan yang besar dari Kementerian Perhubungan. Untuk menghindari penerbangan ilegal, Lion Air tidak membuka penjualan tiket untuk keberangkatan Rabu hingga hari ini. (asp)

Fakta-fakta Dua Helikopter AL Malaysia Tabrakan di Udara, 10 Orang Tewas
Isuzu V-Cross

Isuzu Pamer Teaser V-Cross Facelift, Meluncur Sebentar Lagi

Isuzu Motor India telah membagikan video teaser pertama V-Cross 2024 jelang peluncurannya dalam beberapa minggu mendatang dan siap bersaing dengan Toyota Hilux.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024