Virus Baru Incar Android Saat Smartphone Mati

Android.
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id -
Google: Pengguna Android Aman dari Quadrooter
Banyak orang yang mematikan ponselnya saat malam hari, atau ketika sedang mengecas. Namun, waspadalah sebuah malware baru bisa mengambil data-data di Android, ketika smartphone dalam keadaan mati.

Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru

Peneliti di perusahaan keamanan berhasil menemukan virus berbahaya yang mengincar pengguna Android. Ketika sebuah aplikasi yang terinfeksi tak sengaja masuk ke dalam smartphone, dimulailah aksi penyusupan.
Layanan Resmi Google Kupas Tuntas Seluk-beluk Android


Perusahaan antivirus berbasis di Amsterdam, Belanda, AVG, ini menjelaskan jika malware itu tidak akan memberi ampun kepada penggunanya, sesaat, setelah virus terdownload. Sekali terinstal, aplikasi itu bisa mengendalikan ponsel dan melakukan apa saja yang diinginkan penciptanya.


"Saat pengguna menekan tombol off di smartphone, muncul notifikasi palsu yang mirip dengan kotak notifikasi yang biasa muncul di Android. Pengguna yang menekan pilihan Power Off, secara otomatis akan menghidupkan si virus. Malware itu seolah-olah menutup semua aplikasi dan mematikan smartphone, namun tidak demikian. Malware itu akan mengambil data, mengakses file, mengirim pesan, bahkan melakukan panggilan ke nomor lain," tulis peneliti AVG, seperti dikutip
Daily Mail
, Senin 23 Februari 2015.


Menurut AVG, malware ini membajak proses saat ponsel dimatikan. Ketika pengguna menekan tombol off, itu tidak benar-benar mematikannya. Meski layar menunjukkan latar hitam, smartphone ternyata masih menyala.


Peneliti mengatakan, satu-satunya cara untuk menghindari diri 'dikerjai' pembuat virus, adalah dengan memastikan jika ponsel benar-benar sudah off.


"Satu-satunya cara, yakni dengan mencopot baterai. Aplikasi ini beraksi di balik layar smartphone, sehingga kita tidak tahu apa yang sedang terjadi di balik layar yang mati itu," kata AVG.


Selain itu, tulis AVG, menginstal aplikasi antivirus di smartphone juga cukup efektif untuk mendeteksi adanya virus, bahkan memungkinkan untuk menghilangkannya.


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya