Tips Berbusana bagi Si Tubuh Apel

Celana jeans atau denim
Sumber :

VIVA.co.id - Wanita yang punya bentuk tubuh apel, alias besar di bagian atas namun memiliki pinggul yang sempit, kerap kesulitan dalam memadu-padankan busana. Terlebih di tren mode 2015 yang menonjolkan bentuk bahu serta banyak bermain di embellishment busana.

Trik Jitu Mencuci Sweater Agar Tidak Menyusut

Padahal, blus yang penuh hiasan di bagian dada, justru membuat si tubuh apel terlihat besar. Kuncinya adalah mengalihkan perhatian dari bagian atas tubuh dan berkonsentrasi di bagian bawah. 

Seperti apa tipsnya? Simak referensi tampil gaya yang disarikan VIVA.co.id di bawah ini:

Ini Wanita Tua Paling Modis

Ikat pinggang

Jika ingin menyeimbangkan volume tubuh atas dan bawah saat mengenakan gaun, gunakan saja ikat pinggang. Ikat pinggang atau obi, bisa memberikan "garis batas" yang sekaligus menyajikan ilusi tubuh yang lebih proporsional. 

Street Style ala Elizabeth Rahajeng

Bahan ringan

Selalu pilih kemeja dan blus dari bahan ringan. Hindari pemilihan material berat, yang justru akan membuat tubuh atas terlihat penuh. Kemeja katun tipis atau kaus berbahan lycra pas badan, namun tidak terlampau ketat akan mengaksentuasi tubuh apel, sehingga membuatnya terlihat ramping. 

Leher V

Garis leher sangat memengaruhi penampilan si tubuh apel. Kerah bulat akan membuat tampilan terlihat gemuk, sedangkan kerah kotak membuat tubuh apel tampak kaku. Garis leher terbaik adalah leher V yang bisa memberikan ilusi tubuh atas lebih ramping.

A-Line

Padukan garis leher V dengan rok berbentuk A-Line. Kombinasi keduanya akan membuat tubuh terlihat proporsional.

Celana boot cut

Sebaiknya hindari celana berpotongan skinny yang justru menonjolkan tubuh atas. Lebih baik memilih celana flare, boot cut atau potongan pipa untuk membuat tubuh terlihat lebih tinggi. 

Sepatu platform

Mereka yang bertubuh apel akan tampak hebat dengan sepatu model platform dengan hak tebal. Hindari menggunakan kitten heels yang akan membuat tubuh terlihat pendek dan gempal. Pilihan netral adalah menggunakan wedges. (art)

Baca juga:

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya