Beras Jakarta Mahal, Pedagang Jatim Latah Naikkan Harga

Stok Beras Aman di Musim Hujan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Afandi
VIVA.co.id -
Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen
Melonjaknya harga beras di Jakarta dan luar Jawa memicu naiknya harga beras di Jawa Timur. Padahal, hasil panen petani di Jawa Timur bisa mencukupi kebutuhan beras wilayah itu.

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

Melihat kondisi itu, Pemerintahan Provinsi Jawa Timur, menggelar operasi pasar di sejumlah pasar tradisional guna menjaga kestabilan harga.
Alasan Mentan Curiga Ada Mafia Beras


"Kami lakukan itu, karena harga harus turun. Khususnya yang (beras) KW1 dan medium. Harus kami jaga kestabilan harganya. Dan, untuk Pemerintah Provinsi Jawa Timur akan melakukan operasi pasar di sejumlah pasar tradisional," kata Gubernur Jatim, Soekarwo di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa, 24 Februari 2015.


Terkait kenaikan harga beras ini, Soekarwo menyebut bukan karena musim hujan yang akhir-akhir terus mengguyur sebagian besar daerah di Jatim, sehingga berimbas pada gagal panen.


"Di Jatim ini imbas dari kenaikan harga beras dari pusat, bukan karena musim hujan. Buktinya, untuk hasil panen petani masih normal, yakni sebanyak 12,8 juta ton. Musim hujan di Jatim tidak sampai membuat gagal panen," tuturnya.


Dia menjelaskan, untuk konsumsi beras masyarakat Jawa Timur hanya 8,2 juta ton. Masih ada sisa lebih dari 4,6 juta ton beras.


"Kelebihan ini setara dengan konsumsi 50 juta masyarakat," katanya. (art)


Baca juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya