Menteri Amran: Stok Pangan Nasional Aman hingga 9 Bulan

Padi di sawah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Usai melakukan panen raya di Ngawi, Jawa Timur, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa saat ini stok beras di Badan Urusan Logistik (Bulog) mencapai 1,3 juta ton.

“Saat ini, stok Bulog 1,3 juta ton beras. Dan, sekarang kita sedang panen. Produksi padi kita mencapai 12 juta ton padi, itu artinya panen kita mencapai sembilan juta ton beras,” kata Amran.

Panen yang dimaksud adalah panen pertama untuk tahun ini, yang akan berlangsung hingga Maret nanti, sebagian lagi sudah memulai menanam padi untuk musim tanam kedua.

“Jadi, hingga April nanti, stok padi kita mencapai 32 juta ton, atau kita punya 25 juta ton beras. Akan aman hingga sembilan bulan ke depan,” tambahnya.

Menteri Pertanian datang ke Ngawi Rabu 25 Pebruari 2015, untuk melakukan panen raya, di desa Geneng Kecamatan Geneng.

Amran menegaskan, bahwa mulai kemarin, pihaknya sudah menginstruksikan untuk melakukan operasi pasar, karena harga beras yang tinggi.

“Harga beras mestinya Rp6.500-7 ribu per kilogram. Tetapi, kita sekarang sedang panen. Jadi, kita targetkan harga beras turun dalam waktu dekat bisa tercapai,” ujarnya. (asp)

Harga Gabah Timpang, Peran Bulog Diminta Ditingkatkan

Baca juga:



Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat panen raya

Jokowi Tak Puas Harga Beras Cuma Turun 1,1 Persen

Musim hujan yang datang saat kemarau, bisa untungkan produksi beras.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016