Cara Menjadi Introvert yang Kuat Mental

Stres pekerjaan.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Introvert (seorang yang lebih suka memikirkan dirinya sendiri daripada orang lain) hanyalah sebuah ciri kepribadian. Secara khusus, seorang introvert perlu waktu untuk bersantai setelah berada di lingkungan yang ramai.

Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik

Seorang yang mempunyai sifat introvert banyak berjuang untuk diterima (dari diri mereka sendiri dan orang lain), kedamaian batin, dan keseimbangan. 

Ketika berada di kantor, seorang introvert harus bekerja lebih dibandingkan orang yang extrovert (orang yang mementingkan hal-hal lahir) dalam hal bersosialisasi.

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik

Untuk itu, perlu beberapa cara, agar tidak menjadi orang yang tidak kuat secara mental. Seorang yang introvert perlu belajar beberapa hal, agar cepat beradaptasi di sebuah kantor. 

Berikut adalah cara untuk seorang introvert untuk tetap kuat mental dan mengatasi tantangan di tempat kerja, seperti dilansir laman Forbes.

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial

Fokus pada kekuatan Anda

Berlawanan dengan stereotip populer, introvert bukan seorang penyendiri, atau antisosial yang membenci interaksi dengan dunia luar. Introvert memiliki harta karun berupa kekuatan. Mereka juga mendengarkan apa yang orang lain katakan, menyerap perspektif yang berbeda dan membentuknya menjadi pendapat yang baik.

Karena sifat mereka, introvert cenderung melihat dunia dengan cara yang unik. Sayangnya, introvert sering mencoba untuk menahan bakat alami mereka. Untuk hal ini, introvert harus bisa fokus pada kekuatan bakat alaminya.

Mengatasi kelemahan Anda 

Sebagai seorang introvert, mencari tahu apa yang penting bagi Anda dan jika ada sesuatu yang menghambat, ambil langkah kecil untuk mengatasi ketakutan Anda. Contohnya, jika Anda takut untuk berbicara di depan umum, bergabunglah dengan teman yang ahli dalam hal ini. Perlahan-lahan hal ini dapat mengatasi kelemahan Anda. 

Sosialisasi 

Introvert biasanya menikmati bersosialisasi dengan satu orang, atau beberapa teman kerja. Karena mereka sangat sensitif terhadap lingkungan mereka, introvert mungkin menghindar dari lingkungan yang besar. Untuk hal ini, Anda bisa fokus mengobrol dengan beberapa orang, dan melakukan apa yang terbaik di kantor. 

Mundur jika diperlukan

Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin mengalami titik jenuh. Saat Anda merasa jenuh inilah, sebaiknya Anda mundur sebentar untuk menghilangkan titik jenuh tersebut. Anda bisa ke toilet untuk beberapa menit, ketika sedang di kantor. Tetapi, ketika Anda sudah jenuh seminggu penuh bekerja, liburan merupakan hal yang baik untuk membuat Anda kembali seperti semula. 

Biarkan saja

Introvert cenderung bijaksana dan memiliki kekuatan yang luar biasa dalam berkonsentrasi. Mereka dapat fokus pada satu tugas untuk jangka waktu yang lama.

Namun, kekuatan seorang introvert dapat berubah menjadi kelemahan jika menjadi tidak seimbang. Jika Anda pusing memikirkan banyak masalah, sebaiknya untuk membiarkan hal ini dengan bertemu dengan seorang teman untuk makan siang, olahraga, atau sekedar berjalan di luar ruangan. Hal ini dapat membebaskan pikiran Anda dari segala masalah di kantor. (asp)

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya