27-2-2012: Rumah Osama bin Laden Dihancurkan

Warga melihat rumah persembunyian Osama bin Laden di Abbottabad, Pakistan.
Sumber :
  • REUTERS/Erik de Castro
VIVA.co.id
Paras Cantik Keponakan Osama bin Laden yang Beri Dukungan Donald Trump
- Pemerintah Pakistan menghancurkan rumah, yang menjadi persembunyian terakhir Osama bin Laden di Abbottabad, saat tewas ditembak dalam penggerebekan yang dilakukan pasukan khusus Amerika Serikat (AS), pada 2 Mei 2011.

20 Tahun Tinggal di Jerman, Bodyguard Osama bin Laden Diusir

Tidak ada penjelasan resmi, atas keputusan untuk menghancurkan rumah mantan pemimpin Al-Qaeda itu, pada 27 Februari 2012. Tapi warga berspekulasi, bahwa otoritas tidak ingin rumah itu dijadikan tempat pemujaan bagi Osama.
Anak Osama bin Laden Menikah dengan Putri Bomber 9/11


BBC
dalam laporannya, menyebut penghancuran rumah Osama tampaknya merupakan bagian, dari sebuah proses untuk melupakan masa-masa memalukan bagi pemerintah Pakistan.


Osama tinggal bersama para istri dan anak-anaknya selama bertahun-tahun di rumah itu, mengundang pertanyaan tentang bagaimana dia dapat bersembunyi dengan aman, tanpa ada penangkapan dari pemerintah Pakistan.


Pada 2 Mei 2011 atau hampir satu dekade setelah serangan 11 September 2001 di AS, satu tim pasukan khusus AS menyerbu lokasi persembunyian Osama, dalam sebuah operasi rahasia.


Sebanyak lima orang tewas ditembak, termasuk Osama. Operasi berjalan sekitar 40 menit. Pasukan AS membawa jenasah Osama serta berbagai data, berisi informasi intelijen tentang aktivitas Al-Qaeda.


Hanya dinding luar kediamannya yang dibiarkan tetap berdiri, sementara rumah bertingkat tiga di dalamnya telah dihancurkan. Pejabat setempat menyebut, keputusan menghancurkan rumah dibuat segera setelah tewasnya Osama.


Tapi pelaksanaannya ditunda, saat pemerintah membentuk komisi yudisial untuk menyelidiki operasi yang dilakukan pasukan AS. Sehingga rumah baru dihancurkan setelah penyelidikan selesai. (ren)


Simak Juga:



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya