14 Entitas Sektor Keuangan Raih Peringkat Stabil

Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andika Wahyu
VIVA.co.id -
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberi peringkat stabil pada 14 entitas di sektor keuangan untuk periode 1 Januari sampai 26 Februari 2015. Terdiri dari enam perusahaan perbankan, lima perusahaan pembiayaan, dua perusahaan asuransi, dan satu lembaga pemerintah.

Senior Vice President Financial Rating Division Pefindo, Hendro Utomo, Kamis 26 Februari 2015, menyatakan bahwa rating (peringkat) di sektor keuangan masih stabil.

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini

"Tidak ada yang memengaruhi peringkat. Misalnya, seperti makro ekonomi masih relatif stabil," ujar Hendro di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Faktor yang memengaruhi pemeringkatan di sektor perbankan, kata Hendro, yakni adanya persaingan, tingkat bunga, dan kondisi secara global.

Sindiran Menkeu Sri ke Wajib Pajak di BEI

Hendro menjelaskan, untuk pembiayaan multifinance, masih melihat tingkat permintaan di sektor otomotif. Sebab, permintaan otomotif masih jenuh, atau belum ada peningkatan permintaan.

"Kalau di sektor asuransi harus bisa menjaga klaim," kata dia.

Hendro menambahkan, di awal tahun ini cukup banyak minat perusahaan yang akan masuk ke surat utang. Sebab, dengan suku bunga acuan Bank Indonesia yang turun 25 basis poin juga menambah daya tarik perusahaan untuk menerbitkan obligasi.

"Karena tahun lalu volumenya kecil, tidak terlalu besar. Perusahaan yang menunda di tahun 2014 baru realisasi di tahun ini," kata dia. (asp)


Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya