Menilik Inovasi Mode Mutakhir: Busana 4 Dimensi

Busana 4 Dimensi
Sumber :
  • Dok. Creators Nervous System

VIVA.co.id - Teknologi print 3 dimensi bisa jadi dianggap ketinggalan zaman, sebab kini terdapat inovasi baru di dunia mode. Sebutannya, busana 4 dimensi. 

Koleksi Fesyen Ini Diluncurkan untuk Dukung Pemberdayaan Perempuan

Bagaimana menggarap busana 4 dimensi? Jawabannya ada di tangan studio desain asal Amerika Serikat, Creators Nervous System. Menggunakan teknologi mesin cetak 3 dimensi, studio desain ini menambah satu dimensi baru, yang menjadikan kreasi busana mereka menjadi yang paling mutakhir di dunia mode. 

Adapun, dimensi keempat yang dimaksud Creators Nervous System adalah ukuran yang disesuaikan dengan konsumen. Istilah mode-nya, custom made atau made-to-order, jadi setiap busana yang keluar dari mesin cetak tiga dimensi tersebut, dijamin lekat dengan pas di tubuh pemakai.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Untuk bahannya, Creators Nervous System menggunakan material plastik polimer yang mudah dibentuk menjadi beragam kreasi unik, sehingga hasilnya tetap fashionable. 

Dilansir Genius Beauty, sehelai busana 4 dimensi membutuhkan proses pengerjaan selama 48 jam dan harganya bisa mencapai US$3.000 atau setara Rp39 juta. 

Gaya Fashion Bak Monster Kepompong Jadi Tren London Fashion Week

Kerumitan tidak berhenti sampai di situ. Untuk membuat satu buah baju, studio desain membutuhkan tepatnya 2.279 panel cetak, yang terhubung ke 3.316 kumparan. Panel dan kumparan itu yang akan membentuk lembaran plastik menjadi busana cantik. 

Tidak hanya busana, studio desain yang berbasis di Massachussets itu juga menciptakan aplikasi desain bagi tablet dan ponsel pintar, sehingga konsumen bisa meciptakan sendiri desain yang mereka inginkan.

Di aplikasi tersebut, konsumen bisa memilih pola, tekstur, gaya, bahkan fleksibilitas busana. Nantinya, setiap konsumen akan diukur menggunakan hologram pindai tubuh yang memastikan busana akan sesuai ukuran.

"Ini adalah busana masa depan, busana yang diciptakan secara individual sesuai gaya personal para konsumen," tutur Creators Nervous System di laman resminya. (art)

![vivamore = "
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya