Malware Infeksi 3,2 Juta Komputer di Dunia Sukses Ditumpas

Ilustrasi malware.
Sumber :
  • uk.reuters.com
VIVA.co.id
Nyaris Semiliar Ponsel Android Terancam Malware Baru
-  Operasi internasional berhasil menargetkan Ramnit botnet yang telah menginfeksi 3,2 juta komputer seluruh dunia.

Operasi yang dikendalikan Pusat Penanganan Kejahatan-Cyber Europol (EC3) melalui pusat operasionalnya di Den Haag, ini melibatkan peneliti dari Jerman, Italia, Belanda, dan Inggris bersama dengan mitra dari industri swast, sesuai dalam keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id hari ini.

Ini Bukti Sistem Keamanan Informasi RI Lemah

Botnet yang merupakan istilah untuk menggambarkan jaringan komputer yang terinfeksi, digunakan oleh para kriminal untuk mengakses jarak jauh dan mengontrol komputer yang terinfeksi, sehingga memungkinkan mereka untuk mencuri informasi pribadi dan perbankan, misalnya password, dan melumpuhkan perlindungan antivirus.

Malware ini, menginfeksi pengguna yang menjalankan sistem operasi Windows, mencari jalur lain untuk menginfeksi, seperti link yang terdapat dalam email spam atau kunjungan ke situs yang terinfeksi.

Hati-hati, Pesan Teks Ini Bisa Matikan Ponsel Android Anda

Perwakilan dari berbagai negara, Microsoft, Symantec dan AnubisNetworks bekerja sama dengan petugas Europol telah menutup server kontrol dan komando, serta untuk mengembalikan 300 alamat domain internet yang digunakan oleh operator botnet itu.

Operasi ini didukung oleh Taskforce Aksi Cybercrime (J-CAT), yang berkantor pusat di Europol. CERT-Uni Eropa (Computer Emergency Response Team untuk lembaga, badan dan agensi Uni Eropa).

"Kami akan melanjutkan upaya kami dalam menaklukkan botnet dan menghancurkan infrastruktur inti yang digunakan oleh kriminal untuk melakukan berbagai kejahatan dunia maya. Tujuan kami adalah untuk melindungi orang-orang di seluruh dunia dari kegiatan kriminal semacam ini," kata Deputy Director Operations Europol, Wil van Gemert. 

Microsoft dan Symantec telah merilis instrument untuk membersihkan dan mengembalikan pertahanan komputer yang terinfeksi. Bagi mereka yang khawatir komputer mereka mungkin telah terinfeksi, EC3 merekomendasikan mengunduh perangkat lunak khusus untuk disinfeksi.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya