Fenomena Langka Buah Melon Super di Atas Bukit di Yogyakarta

Buah Melon untuk Diet
Sumber :
  • U-Report
VIVA.co.id
Ini Buah Antikanker dan Asam Urat
- Menanam pohon buah melon di lahan sawah yang datar merupakan hal yang biasa dan banyak ditemui. Namun, pernahkah Anda menjumpai lahan buah melon di atas bukit lahan terasering, daerah pegunungan?

Sensasi Panen Melon di Atas Bukit

Nah, di kawasan Kretek, Bantul, Yogyakarta merupakan tempatnya. Di lahan terasering daerah tersebut ternyata dipenuhi ribuan buah melon siap panen.
Viral Pajero Polisi Kabur Usai Tabrak Lari Avanza Warga, Kombes Hadi Ungkap Faktanya


Awalnya, lahan di atas bukit ini dipenuhi rumput dan tanaman lain yang tidak produktif. Namun, berkat ide cemerlang seorang petani bernama Kondang maka lahan tandus di atas bukit tersebut diolah dan ditanami pohon melon dengan pengairan yang cukup.


Bersama dengan sejumlah petani lainnya, Kondang mengaku nekat untuk mencoba menanam pohon melon di lahan terasering di atas bukit. Ini, karena pohon melon biasanya ditanam di ladang atau sawah yang datar.


Berkat kegigihan dan ketelitiannya dengan kawan-kawan petani maka 5 ribu pohon melon yang mereka rawat akhirnya semua berbuah. Tak hanya itu, buah melon yang dihasilkan pun jauh lebih besar dibandingkan yang ditanam di lahan datar, bahkan masuk kategori super.


"Dalam waktu dua bulan sudah panen. Hasil uji cobanya berhasil. Benar-benar di luar dugaan kami karena ukuran buah melonnya juga sangat besar," ujar Kondang, Minggu 8 Maret 2015.


Hal tersebut semakin ditegaskan oleh salah seorang pembeli buah melon, Teti. Menurutnya, inovasi yang dilakukan oleh para petani di Kretek, Bantul, Yogyakarta bisa menjadi inspirasi bagi siapa saja yang mau melakukan hal yang serupa.


"Keunggulan menanam pohon melon di atas bukit adalah ketika musim hujan, air tidak menggenang sehingga buah melon tidak membusuk seperti yang biasa terjadi pada pohon melon di lahan datar. Di lahan terasering di atas bukit dapat menanam pohon melon kapan saja asalkan pengairan cukup," ungkap Teti.


Terkait dengan omzet yang dihasilkan oleh para petani, Kondang mengaku, bisa meraup jutaan rupiah dari hasil penjualan buah melon ketika musim panen tiba.


"Satu buah melon dengan berat rata-rata dua kilogram dijual dengan harga Rp15 ribu," tambah Kondang.


Santosa Suparman/Yogyakarta

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya