Tujuh Kuliner Lezat Khas Makassar

Coto Makassar
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Bikin Klappertaart, Kue Natal Orang Manado
- Setiap provinsi dan daerah di seluruh Indonesia memiliki kuliner khas yang masing-masing memiliki karakteristik tersendiri. Kali ini yang akan dibahas mengenai kuliner khas Sulawesi Selatan atau Makassar yang umumnya dibuat dari beragam rempah, sehingga cita rasa dan aromanya begitu kuat.

VIDEO: Surga Kecil di Teluk Sawai, Maluku
Beberapa hidangan Makassar yang paling populer umumnya merupakan hidangan berkuah seperti coto dan sop. Nah, jika Anda berkesempatan mengunjungi Makassar di waktu liburan selanjutnya, pastikan Anda mencicipi 7 hidangan berikut ini.

Kenikmatan Nasi Palekko, Kuliner Bebek Khas Bumi Sulawesi
1. Coto Makassar
Coto Makassar atau juga disebut coto Mangkasara adalah primadona kuliner khas Sulawesi Selatan. Isinya ialah daging dan jeroan sapi yang direbus di dalam kuah kaldu dalam waktu yang cukup lama.

Bumbu yang digunakan beragam mulai dari ketumbar, jintan, merica, lengkuas, bawang putih, serai, kacang tanah, dan sebagainya. Coto Makassar juga biasanya tidak disantap bersama nasi, melainkan ketupat dan buras.

2. Pallu basa
Yang satu ini sejenis sop yang mungkin sekilas mirip dengan coto, namun menggunakan santan kental dan kelapa parut yang telah disangrai, sehingga aromanya begitu khas. Selain nasi, masyarakat Makassar juga biasa menambahkan kuning telur ayam kampung ke dalam kuah pallu basa yang masih panas.

3. Sop saudara
Sop saudara tepatnya berasal dari Kabupaten Pangkep dan terbuat dari daging sapi, bihun, dan kentang goreng yang dibentuk bola-bola mungil serta paru sapi goreng. Masyarakat lokal umumnya menyantap sop saudara bersama nasi dan lauk pauk lainnya seperti ikan bakar, telur rebus, sambal kacang, dan irisan ketimun.

4. Gogoso
Gogoso sekilas mirip dengan lontong. Makanan ini memang terbuat dari beras ketan yang dimasak hingga matang, diberi isian daging dan dibungkus dengan daun pisang. Gogoso juga banyak dijual oleh pedagang di pinggir jalan.

5. Mie titi
Mi titi adalah hidangan yang mirip dengan i fu mi asal Tiongkok yang terdiri atas mi yang digoreng hingga kering lalu disiram kuah kental dari telur dan sayur-sayuran. Mi titi juga lazim ditambahkan dengan ayam, bakso, sosis atau udang.

6. Sop konro
Selain coto Makassar, sop konro adalah salah satu hidangan Sulawesi Selatan yang paling populer. Dalam bahasa Makassar, konro berarti iga. Sop konro terdiri atas iga sapi yang dimasak di dalam kuah berwarna hitam karena dimasak menggunakan keluwak dan beragam rempah mulai dari lengkuas, jahe, kayu manis, kapulaga, asam Jawa, jintan, kemiri hingga ketumbar.

Selain dibuat sop, konro juga sering dibakar dan disajikan bersama bumbu kacang dan kuah sop konro.

7. Sarabba
Yang ini merupakan minuman tradisional masyarakat Sulawesi Selatan. Dinamakan sarabba, minuman berbahan dasar jahe, gula merah, santan, dan kuning telur ini disebut-sebut sebagai minuman kesehatan yang dipercaya mampu meningkatkan stamina tubuh dan mengobati masuk angin serta flu. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya