Armenia Undang DPR Hadiri Peringatan 100 Tahun Genocida

Fadli Zon
Sumber :
  • satu jam lebih dekat-tvOne

VIVA.co.id - Presiden Armenia lewat Duta Besarnya di Jakarta menyampaikan undangan resmi kepada pimpinan DPR untuk menghadiri peringatan 100 tahun peristiwa genocida yang pernah terjadi di Armenia. Pimpinan DPR diharapkan hadir dalam pertemuan penting, akhir April nanti.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mengungkapkan hal tersebut usai menerima Dubes Armenia untuk Indonesia Anna Aghadjanian di ruang kerjanya, Jumat 13 Maret 2015.

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

“Saya menerima Dubes Armenia. Beliau menyampaikan undangan untuk peringatan 100 tahun genocida yang terjadi di Armenia pada tahun 1915. Dan undangan itu datang dari Presiden Armenia untuk akhir April. Diharapkan kami dari parlemen hadir,” ujar Fadli.

Tidak sekadar peringatan, undangan tersebut juga sekaligus untuk menghadiri konferensi genocida dengan dihadiri para kepala negara dan pemerintahan dari seluruh dunia. Peristiwa genocida di Armenia tepatnya terjadi pada 24 April 1915.

Ini adalah episode gelap saat warga Armenia dipaksa eksodus dari tanah kelahirannya oleh Imperium Turki Utsmani. Mereka menyebar ke 195 negara hingga kini.

Imperium Utsmani menguasai Armenia sekitar tahun 1300-1923 dengan mencaplok sebagian wilayah Armenia. Turki Utsmani mulai masuk ke Armenia dengan pertempuran di Sisilia tahun 1071. Dan puncak genocida itu terjadi pada 24 April 1915 dengan pembantaian nyawa orang-orang sipil oleh tentara Turki.

Menurut Fadli, kehadiran DPR sangat penting. “Ini untuk menunjukkan hubungan baik kedua negara dan peringatan ini sangat penting, karena genocida terbesar di awal abad ke-20 itu terjadi di Armenia. Saya kira perlu kita tunjukkan sikap menghormati dan simpati agar peristiwa seperti ini tidak terulang lagi.” (www.dpr.go.id)

Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR
Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016