Kereta Api Indonesia Luncurkan Fasilitas Kios Elektronik

Kereta Api Parahyangan.
Sumber :
  • rizqialextoramadhan.wordpress.com

VIVA.co.id - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meluncurkan fasilitas layanan pembelian tiket berupa vending machine pembelian tiket kereta api, atau kios elektronik (electronic kiosk/E-Kiosk). Dengan begitu, calon penumpang tidak perlu repot antre di loket untuk membeli tiket.

"Untuk tahap awal, e-kiosk tersedia di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, sebanyak dua unit. Tapi ke depannya, kami akan menyediakan fasilitas E-Kiosk ini di seluruh stasiun besar di Jawa dan Sumatera," kata Dirut KAI, Edi Sukmoro dalam acara peresmian E-Kiosk, di Stasiun Gambir, Jakarta, Jumat 13 Maret 2015.

Dengan E-Kiosk ini, calon penumpang cukup memilih tanggal perjalanan stasiun asal, stasiun tujuan dan jumlah penumpang, serta menginput data berupa nama, nomor identitas dan nomor telepon yang akan berakat.

Antisipasi Kepadatan, KRL Tambah Petugas Tiket

Input data dapat dilakukan melalui layar sentuh, atau keyboard fisik yang ada di mesin E-Kiosk. Calon penumpang pun bisa memilih posisi tempat duduk di kereta, saat melakukan pembelian tiket melalui mesin E-Kiosk.

Pemesanan, atau pembelian tiket KA lewat fasilitas ini bisa dilakukan H-90, atau pada hari keberangkatan (go show) satu jam keberangkatan.

"Setelah menginput data-data penumpang, calon penumpang dapat langsung melakukan transaksi pembayaran lewat mesin ini. Metode pembayaran yang bisa diterima, antara lain pembayaran tunai menggunakan uang pecahan Rp2 ribu sampai Rp100 ribu, dengan kartu debit jaringan Alto dan pembayaran dengan kartu T-Money dari Telkom," kata dia.

Bagi para penumpang yang melakukan pembayaran tunai tanpa uang pas, metode pengembalian dilakukan melalui e-money pada nomor telepon yang diinput saat pembelian. Dalam sistem ini, setiap penumpang yang melakukan pembayaran tunai dengan pengembalian akan otomatis terdaftar dalam program e-money dari PT Finnet Indonesia.

Penumpang Kereta Luar Kota Bisa Berangkat dari Jatinegara

Penumpang yang terdaftar akan secara otomatis memiliki akun pada www.delimapoint.com, yaitu salah satu layanan One Stop Payment Online milik Finnet Indonesia, dengan nomor ponsel sebagai username. Di akun ini, nantinya uang kembalian dari pembelian tiket lewat E-Kiosk akan tersimpan.

Dana yang tersimpan pada akun delimapoint.com ini dapat ditransfer ke rekening bank untuk diuangkan, atau dapat digunakan untuk membayar listrik, telepon rumah, TV kabel berlangganan, pulsa HP atau tiket KA lewat situs delimapoint.com.

Setelah proses pemesanan dan pembayaran selesai, mesin E-Kiosk akan mengeluarkan struk bukti pembayaran. Struk ini akan mencantumkan kode pemesanan, atau pembelian tiket KA yang akan digunakan untuk mencetak tiket.

Pengacara Sebut Pengosongan Rumah Dinas PT KAI Paksaan

Sementara itu, untuk calon penumpang bisa mencetak tiket di fasilitas Cetak Tiket Mandiri (CTM) yang tersedia di stasiun. (asp)

Baca Juga:

KRL Commuter Line.

Terkait Demo, Hindari Stasiun Juanda dan Gondangdia

Penumpang naik hingga 400 persen.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016