Ini yang Digunakan Manusia Purba untuk Bersolek

Cakar elang, perhiasan Neanderthal
Sumber :
  • NBCNews
VIVA.co.id
Ilmuwan Kembali Temukan Fosil Ikan Mulut Raksasa
- Jauh sebelum manusia purba bergabung dengan manusia moderen, ternyata mereka telah memiliki tren. Manusia Neanderthal di Eropa memakai cakar elang sebagai perhiasan.

Ditemukan, Buaya Kuno Seukuran Bus

Para peneliti menemukan bukti berupa delapan cakar yang berasal dari elang ekor putih, termasuk empat di antaranya memiliki ornamen atau gambar yang mengindikasikan perhiasan itu berusia 130.000 tahun. Semua itu ditemukan di sebuah gua Neanderthal di Kroasia.
Di Masa Purba, Manusia Bermusuhan dengan Kucing


Arkeolog yang melakukan penggalian di gua tersebut percaya jika rangkaian cakar itu dulunya adalah sebuah kalung atau gelang.


"Ini penemuan yang cukup menggembirakan. Secara tidak langsung memberikan gambaran umum bahwa Neanderthal memiliki perilaku yang lebih moderen," ujar Profesor Anthropology dari University of Kansas, David Frayer, seperti dikutip
NBC News
, Sabtu 14 Maret 2015.


Cakar-cakar itu dipercaya terkubur selama lebih dari 100 tahun lalu di wilayah Krapina di Kroasia. Ilmuwan menemukan lebih dari 900 tulang Neanderthal yang sepertinya hidup di masa yang cukup hangat, antara 120.000 sampai 130.000 tahun lalu.


Di antara cakar, ilmuwan juga menemukan alat-alat batu Mousterian (tanda-tanda peninggalan Neanderthal), perapian, tulang badak dan beruang gua. Sayangnya, dalam penemuan itu tidak ada tanda-tanda peninggalan manusia moderen. Homo sapiens dipercaya belum menyebar ke Eropa pada 40.000 tahun lalu. (ren)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya