Gaun Pengantin Bekas Bisa Berguna Jadi 'Baju Kafan'

Foto ilustrasi pernikahan.
Sumber :
  • iStockphoto

VIVA.co.id - Hari pernikahan merupakan hari paling membahagiakan bagi kaum hawa. Mereka tampil begitu cantik dalam balutan gaun pernikahan impian yang telah dirancang sejak remaja.

Koleksi Fesyen Ini Diluncurkan untuk Dukung Pemberdayaan Perempuan

Namun, saat pesta pernikahan usai, gaun cantik tersebut hanya teronggok di lemari. Bahkan terus tersimpan hingga bertahun-tahun.

Bertujuan mendaur ulang baju pengantin lama sekaligus membantu sesama, sekelompok perempuan di Kent, Inggris, menyulap gaun pengantin menjadi kain kafan, atau gaun pembungkus bayi yang meninggal saat dilahirkan.

Ivan Gunawan Luncurkan Busana Terbaru Jelang Ramadhan

Para wanita yang tergabung dalam komunitas Cherished Gowns for Angel Babies UK itu merasa prihatin akan banyaknya bayi yang meninggal saat dilahirkan dan diantara mereka, orang tuanya, tidak mampu memberikan gaun pembungkus yang pantas untuk dikenakan bayi mereka saat dikebumikan.

"Karena itulah kami melakukan ini. Setiap harinya ada 17 bayi atau sekitar 3500 bayi setahun yang meninggal saat dilahirkan dan kami menyediakan gaun yang cantik untuk dikanakan para malaikat di peristirahatan terakhir mereka," tulis Cherished Gowns for Angel Babies UK di situs resminya.

Gaya Fashion Bak Monster Kepompong Jadi Tren London Fashion Week

Gaun bayi dari baju pengantin

Dilansir laman Metro.co.uk, komunitas yang didirikan Megan McKay dan Lynda Garret pada 2014 itu mengikuti jejak komunitas serupa di Amerika Serikat dan Australia. Kendati demikian, saat ini Cherished Gowns for Angel Babies UK sudah memiliki 4000 penggemar di Facebook.

"Tujuan kami adalah agar para bayi tersebut tidak dikuburkan dalam keadaan polos, karena itu kami memberi gaun terbaik yang dibuat dari gaun pengantin, busana wanita paling cantik dan mewah," tutur McKay.

Saat ini, Cherished Gowns for Angel Babies UK memiliki 400 sukarelawan dari seluruh Inggris.  Total, mereka telah membuat 350 gaun pengantin.

"Satu gaun pengantin bisa dibuat menjadi 20 gaun bayi," terang McKay.

Namun, ada satu gaun yang bisa dibuat menjadi 65 gaun bayi. "Gaun itu punya banyak layer, hasilnya sangat mengejutkan," kata McKay.

Selain gaun bayi, busana pengantin juga dibuat menjadi berbagai macam item lain seperti selimut perca, saputangan bahkan sepatu kain.

Melalui Cherished Gowns for Angel Babies UK, McKay menganjurkan agar para wanita yang menyimpan gaun pengantin mereka di loteng, untuk disumbangkan. 

"Selain gaun pengantin, kami juga menerima sumbangan gaun pengiring pengantin," tambah McKay. (ren)

 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya