Menanti Senja di Bodur

Senja di Pantai Bodur, Tanjung Lesung, Banten
Sumber :
  • Dok.Vickar Adam

VIVA.co.id - Hidup di kota besar layaknya Jakarta, pastilah penuh dengan stres. Kemacetan lalu lintas di pagi dan sore hari, tekanan pekerjaan, beban keuangan, semua berkontribusi menambah kepenatan. Akhir pekan menjadi saat yang paling dinanti, dimana masyarakat urban bisa bersantai, sejenak melupakan kerasnya hidup. 

Birunya Pantai Wini, Bikin Betah Berlama-Lama

Berlibur di akhir minggu tidak melulu soal membayar jam tidur, terkadang pemandangan yang berbeda, seperti pantai dengan air nan biru, bisa membuat mata segar dan pikiran kembali jernih. Namun, tidak semua orang bisa bertolak ke Bali atau Maldives untuk menikmati lembutnya pasir, semilir angin, deru ombak dan birunya lautan. 

Piknik Asyik di Pantai Mangsit, Lombok

Padahal, jika jeli mencari, Pulau Jawa masih punya surga tersembunyi. Letaknya pun tak jauh dari ibukota, hanya sekitar 180 km atau 4 jam perjalanan dari Jakarta. 

Surga itu bernama Tanjung Lesung. 

Menikmati Bulan Madu Romantis di Tanjung Lesung

Konon, dinamakan Pantai Tanjung Lesung karena lokasinya berupa daratan yang menjorok ke laut, mirip ujung lesung, alat tradisional untuk menumbuk padi. 

Menuju ke Tanjung Lesung pun bukan hal yang sulit, menggunakan kendaraan umum ataupun pribadi, pantai ini mudah dicapai. Sesampainya disana, penginapan juga bukan hal yang langka. Dari hostel, homestay hingga resort, semua ada.

Jika ingin total bersantai, Tanjung Lesung Beach Resort bisa jadi pilihan. Bagaimana tidak, selain menawarkan villa pribadi, resort yang dikelola PT Jababeka ini juga punya hotel dengan kamar berbentuk cottage. Di halaman belakang, ada pantai yang bisa jadi tempat melepas penat. 

Pasirnya putih ditingkahi karang, yang membuat pengunjung bisa berpetualang mencari cangkang kerang berwarna-warni di sekitar pantai. Mereka yang ingin bersantai namun enggan terkena air asin dan pasir pantai, bisa menikmati kolam tak berbatas atau infinity pool dengan pemandangan langsung ke laut.

Sementara mereka yang haus petualangan, bisa memompa adrenalin di Beach Club yang menawarkan beragam aktivitas seru, dari memancing, berperahu dengan dasar kaca transparan, snorkeling, hingga aksi olahraga air menantang seperti jetski, water ski, wake board, banana boat, slide boat hingga donut boat yang membuat jantung melompat.

Adapun mereka yang ingin menjelajah, bisa melakukan ekskursi ke Ujung Kulon dan Krakatau menggunakan speed boat dari dermaga Tanjung Lesung. Ada juga perjalanan singkat ke Pulau Liwungan yang punya taman laut indah, serta kesempatan memberi makan camar di dekat kampung nelayan. 

Berburu senja

Berbicara pantai, tentu saja tidak ketinggalan membahas matahari senja. Menyaksikan sang bagas tenggelam di ufuk barat cakrawala memang romantis, apalagi jika dilakukan bersama orang terkasih. 

Di Tanjung Lesung, ada pantai yang menjanjikan pemandangan magis tersebut. Bodur namanya. 

Lokasinya tidak jauh dari resort, hanya sekitar 15 menit berjalan kaki atau 5 menit menggunakan sepeda. Berbeda dengan pantai di wilayah hotel yang berkarang, Bodur punya bibir pantai yang lebih landai. 

Dekat dengan pantai, terdapat muara sungai yang tenang, menciptakan pemandangan nan kontras. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan pantai yang sepi saat berkunjung. Datanglah sekitar pukul 17.00 WIB, berbekal kain pantai dan kudapan ringan. 

Langit cerah di siang hari menjamin senja yang indah. Tinggal menunggu 30 menit dan Anda akan menyaksikan cakrawala berubah. Warna biru terang akan berubah jingga, berpadu dengan semburat keunguan, membuat cakrawala bagai pelangi. 

Tak perlu menggunakan kamera canggih mengabadikannya. Jepretan kamera ponsel sudah cukup menangkap keindahan lukisan Tuhan di pesisir barat Jawa, surga yang masih tersembunyi.

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya