Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Pensiun

Ilustrasi pekerja usia tua
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Nenek 99 Tahun Masih Aktif Jadi Instruktur Aerobik
- Banyak pekerja menghadapi dilema ketika dekat dengan tanggal pensiun yang direncanakan. Mereka ingin tetap bekerja dan menabung untuk memastikan mereka tidak akan kehabisan uang. 

Orang Berkeluarga Punya Karir Lebih Baik
Beberapa orang calon pensiun akan melakukan hal-hal sebelum mereka benar-benar pensiun. Berikut beberapa hal yang dilakukan sebelum Anda pensiun, seperti dilansir laman USNews.

Tips Bangun Citra Diri Positif di Media Sosial
Mempersiapkan karier sesudah pensiun

Berbicara dengan atasan Anda mengenai pekerjaan sesudah pensiun. Apakah Anda bisa menjadi seorang konsultan, atau mungkin bekerja dari rumah. Dengan bekerja sesudah pensiun, Anda akan mengurangi stres usai pensiun yang dialami banyak orang. 

Liburan selagi masih ada penghasilan

Sebelum Anda pensiun, sebaiknya Anda melakukan perjalanan liburan impian seumur hidup. Karena, ketika Anda pensiun, kemungkinan akan takut untuk melakukan liburan karena alasan takut kekurangan uang. 

Selain itu, Anda bisa memperbaiki rumah, atau mengganti mobil yang sudah tua. Untuk kedua hal ini, Anda bisa menghitung dahulu biaya yang akan dikeluarkan sebelum memutuskannya.

Menabung lebih banyak sebelum pensiun

Banyak orang mengklaim tidak mendapatkan uang yang cukup ketika pensiun. Untuk itu, Anda bisa memaksimalkan tabungan dengan menekan pengeluaran menjelang pensiun. 

Menghitung kebutuhan ketika pensiun

Ketika pensiun, biaya yang dibutuhkan dalam sebulan perlu Anda hitung. Hal ini karena Anda harus cermat dalam menghitung kebutuhan ketika sudah pensiun. Anda bisa mencoba untuk menghitungnya sebelum pensiun, agar siap menghadapinya. (art)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya