Merger, Peringkat Bank Woori Saudara Naik Jadi idA+

Seorang nasabah melakukan transaksi di bank peserta penjaminan LPS.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memberikan peringkat idA+ atau naik dari idA- pada PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk, termasuk untuk obligasi II tahun 2012.

Sementara itu, untuk peringkat obligasi subordinasi I tahun 2012 naik menjadi idA dari id BBB+.

Analis Pefindo, Dyah Puspita Rini, mengatakan peningkatan peringkat mencerminkan dukungan dan komitmen dari Woori Bank Korea (Woori Bank atau induk yang mendapat peringkat A- atau stabil dari S&P), posisi bisnis yang lebih kuat di industri perbankan, serta meningkatnya diversifikasi bisnis, yang merupakan hasil penggabungan usaha dengan Bank Woori Indonesia.

"Pefindo memberikan peringkat ini untuk periode 10 Maret 2015 hingga 1 Maret 2016," ujarnya di gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta, Selasa 17 Maret 2015.

Dyah mengungkapkan, prospek atas peringkat perusahaan direvisi menjadi stabil dari positif lantaran terwujudnya merger usaha antara PT Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk dengan Bank Woori Indonesia.

"Setelah akuisisi saham oleh Woori Bank Korea pada Desember 2013, Bank Saudara telah bergabung dengan Bank Woori Indonesia pada Desember 2014 untuk memenuhi peraturan Bank Indonesia mengenai kepemilikan tunggal. Bank Saudara adalah bank yang menerima hasil penggabungan dan Bank Woori Indonesia telah bubar demi hukum tanpa proses likuidasi. Lalu pada Februari 2015, Bank Saudara mengubah namanya menjadi Bank Woori Saudara," ujarnya.

Faktor yang mendukung peringkat di antaranya, status bank sebagai anak perusahaan strategis dari Woori Bank Korea, permodalan yang sangat kuat, dan meningkatnya diversifikasi bisnis sebagai hasil penggabungan usaha.

"Faktor yang jadi pembatas adalah pendanaan yang terkonsentrasi dan profitabilitas yang moderat," tuturnya.

Dyah mengungkapkan, prospek stabil tersebut dapat dinaikan bila bank memperkuat posisi bisnis dan mempertahankan profil permodalan dan performa kualitas aset secara konsisten.

"Peringkat dapat diturunkan bila terjadi penurunan signifikan dalam indikator permodalan dan profitabilitas serta Pefindo melihat adanya penurunan dukungan dari induk kepada bank," tuturnya.

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Baca juga:





C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
LPS gelar jumpa pers di Kota Medan.(B.S.Putra/VIVA)

Kantor LPS Bakal Hadir di Medan, Diresmikan 3 Mei 2024

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kini membuka Kantor Perwakilan LPS I Medan, di Gedung Sinarmas Plaza, Kota Medan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024