Aksi Spiderman Beri Makan Tunawisma

Spiderman Beri Makan Tunawisma
Sumber :
  • Facebook/BrumSpiderman

VIVA.co.id - Jika Anda kebetulan berada di Birmingham, Inggris, Anda pasti akan menjumpai pemandangan yang tidak biasa di malam hari. Pemandangan tersebut berupa pria berkostum Spiderman yang berkeliaran di jalan-jalan. 

Tips Sukses Jalani Usaha Kecil dari Pengusaha Sepatu

Bukan untuk menjaga Birmingham dari para kriminal layaknya di film, melainkan guna memberi makan tunawisma.

Spiderman itu ingin memastikan mereka yang hidup di jalanan tidur dengan perut kenyang. 

Kisah Sukses Pria Probolinggo, Pilih Berdagang daripada PNS

Siapa dia?

Dilansir dari laman Huffington Post, pria dermawan yang kerap menggunakan kostum Spiderman itu hanyalah warga biasa. Usianya 20 tahun dan bekerja paruh waktu sebagai bartender. Dia tidak pernah memberikan namanya pada media, kendati tidak keberatan difoto. 

Dari Bisnis Online, Pria 25 Tahun Bisa Beli Rumah dan Mobil

"Orang memanggil saya Spiderman Birmingham," katanya, singkat. 

Dia berharap apa yang dia lakukan bisa menyadarkan orang lain bahwa semua manusia setara, tidak peduli apapun kondisi mereka. 

"Saya belajar bahwa semua orang adalah setara, kita semua manusia dan oleh karena itu kita harus memperlakukan sesama dengan welas asih," ujarnya.

Kerja sosial memang sudah jadi bagian dari hidup sang Spiderman unik ini. Dia mengungkapkan kerap menjadi sukarelawan di berbagai yayasan amal sejak remaja. Namun, aksinya memberi makan tunawisma baru dia mulai sebulan lalu. 

Dia memulai rutinitas "Spiderman"-nya setiap jam 9 malam, kurang lebih tiga hari dalam seminggu. Dia akan membeli sandwich kemudian mengenakan "seragam" dan berkeliling gang-gang serta jalanan yang banyak dihuni tunawisma. 

Lalu, apa alasan dibalik kostum Spiderman yang dia pilih?

"Baju Spiderman ini bukan sekadar kostum, saya memang berusaha menarik perhatian publik," katanya. 

Jika dia tidak mengenakan seragam, orang-orang hanya akan melihat sambil lalu. Namun saat dia berkostum Spiderman dan melakukan aksi mulia, banyak orang yang berhenti, bertanya, mengambil gambar, lalu mengunggahnya di media sosial beserta pesan moral yang ingin dia sampaikan.

"Dari situ, saya berharap banyak Spiderman lain yang ikut turun ke jalan," tambahnya. 

Harapan Sang Spiderman mewujud nyata, banyak komunitas dan yayasan yang ingin menyumbang untuk aksinya. 

Uniknya, si Spiderman justru menolak semua sumbangan itu. Dia menganjurkan mereka untuk ikut berpartisipasi langsung bersama dia, turun ke jalan dan benar-benar membantu para tunawisma ketimbang hanya menyumbang. 

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya