BNI Angkat Bicara Soal Merger Bank Syariah

Harga Emas Anjlok
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Pemerintah dalam hal ini Kementerian BUMN berencana menggabungkan tiga bank pelat merah, di antaranya Bank Mandiri Syariah, Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah. Rencana ini guna menghadapi persaingan perbankan pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) nanti.

Salah satu Direktur BNI yang baru saja ditetapkan dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham) BNI, Bob Tyasika Ananta mengatakan bahwa belum ada kepastian yang bisa diberikan. Menurutnya, hal penggabungan bank syariah ini masih dalam pembahasan di internal BNI.

"Soal merger bank syariah nantilah, soalnya kita sendiri, dalam konteks itu kita kan belum juga tuntas pembahasan internalnya," ungkap Bob kepada VIVA.co.id, usai RUPS BNI, di Hotel Shangrila, Jakarta, Selasa 17 Maret 2015.

Mantan pejabat GM Strategic Planning BNI ini menyampaikan bahwa selama ini dia menilai, kinerja BNI memang cukup bagus dalam perbankan syariah.

Merger Bank Syariah, Pemerintah Wajib Turun Tangan

"Dalam hal ini BNI syariah memang kinerjanya lagi baik," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, hal itu mungkin saja terjadi karena rencana tersebut merupakan program pemerintah. "Ya, mungkin saja, itu kan program pemerintah," jelasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Direktur Utama Bank Mandiri, Budi Gunadi Sadikin, mengatakan bahwa untuk penggabungan beberapa bank syariah tersebut, perlu pertimbangan dan perbaikan dalam struktur industri syariah itu sendiri.

Baca Juga:

BI Ingin Jadikan Indonesia Poros Ekonomi Syariah
 Foto ilustrasi.

Bank Syariah Mandiri Genjot Dana Murah

Sasarannya nasabah institusi, namun akan meningkatkan dana ritel.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2016