Menguji Ketangguhan Ban 'Dua Alam' Bridgestone

Peluncuran ban Potenza Adrenalin RE003.
Sumber :
  • Foto: VIVA.co.id/Herdi Muhardi

VIVA.co.id - Produsen ban mobil asal Jepang, Bridgestone, melalui PT Bridgestone Tire Indonesia (BSIN) secara resmi merilis model terbaru Potenza Adrenaline RE003 di Indonesia.

Produk yang dibuat langsung oleh putra-putri bangsa di kawasan Industri Karawang, Jawa Barat ini ditargetkan untuk para penggmer mobil sport. Bahkan, produk ini diklaim memiliki akurasi pengendalian baik di lintasan lurus maupun menikung.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty

"Desain pola tapak selain stylish juga memberikan performa di jalan kering maupun basah. Hal ini berkat teknologi baru pada Potenza Adrenalin RE003," kata Hery Maylanda, Consumer Product Planning Section Manager PT BSIN.

Tak sekedar meluncurkan, PT BSIN juga memberikan kesempatan kepada para awak media, termasuk VIVA.co.id untuk menjajal perfoma ban anyar tersebut di lintas Bridgestone Paving Ground, Karawang, yang memiliki panjang 1,9 kilometer.

Untuk membuktikannya, sejumlah awak media mendapatkan kesempatan mengendarai empat mobil yang terdiri dari dua Toyota Corolla Altis dan dua Honda All New Jazz.

Masing-masing mobl disematkan antara ban Potenza Adrenalin RE003 dan merek kompetitor.

JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun

Lintasan Kering

Pada pengujian pertama, VIVA.co.id mencoba mengendarai All New Honda Jazz dengan ban kompetitor. Kecepatan yang ditempuh antara 60-100 km. Saat belokan pertama 180 derajat, kecepatan berkurang menjadi 50-60 km/jam.

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor

Selain itu, ban sedikit liar, sehingga lingkar kemudi dengan sudut kurang dari 90 derajat terpaksa harus mengalami sedikit koreksi. Sementara itu, saat mengendarai ban Potenza Adrenalin RE003 sangat terasa stabil tanpa harus koreksi.

Saat melaju di trek lurus dengan kecepatan 80-100 km/jam, tidak terlalu terasa berbeda. Namun, dapat diakui saat kecepatan lebih rendah dan stabil diangka 40 km/jam suara ban Adrenalin RE003 tidak terlalu noise.

Lintasan Basah

Ditahap kedua, pengujian dilakukan di lintasan basah, di mana aspal di setting layaknya sedang turun hujan yang cukup lebat. Kali ini, VIVA.co.id mengendarai Toyota Corolla Altis.

Selain jalanan yang menjadi licin, mobil juga ditantang memutari lintasan basah 360 derajat. Hasilnya, benar saja, saat menggunakan ban kompetitor dengan kecepatan stabil di angka 50-60 mobil terasa sedikit selip dan lagi-lagi dilakukan koreksi pada lingkar kemudi.

Sedangkan saat menggunakan ban Potenza Adrenalin RE003, kecepatan mobil sedan ini ditambah hingga 70 km/jam. Namun mobil cukup stabil.

Kesimpulannya, performa ban baru dari Bridgestone ini cukup dapat diandalkan baik untuk traksi, stabilitas pengendalian dan pengereman. Selain itu, produk ini juga dapat digunakan di dua alam yakni kering dan basah. (asp)

![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya