Pertamina Beli Kapal Senilai Rp303 Miliar

Kapal Tanker Penyuplai Elpiji Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Pertamina baru saja membeli kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) senilai US$24 juta (Rp303 miliar) dari PT PAL. Kapal bernama Pangkalan Brandan itu akan menjadi kapal ke-69 dari 200 kapal yang dioperasikan Pertamina.

Dapat Arahan Menteri BUMN, PLN Bakal Caplok PGE

"Komitmen untuk turut serta membangun industri maritim nasional telah kami buktikan. Pertamina menyerap semua potensi dengan satu tujuan, Pertamina maju bersama industri maritim nasional," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang dalam keterangannya, Kamis, 19 Maret 2015.

Kapal jenis White Oil Tanker berkapasitas 17.500 long ton deadweight (LTDW) ini akan digunakan untuk mengirim BBM dari dan ke Pelabuhan Balongan, Tuban, Tanjung Wangi, serta depot wilayah Kalimantan dan Sulawesi.

Pertamina Jamin Stok Premium Tetap Tersedia di Medan

Ahmad mengatakan, keputusan manajemen Pertamina dalam pengembangan usaha penguatan armada diyakini dapat meningkatkan efisiensi biaya transportasi migas.

"Total biaya transportasi menjadi salah satu andalan Pertamina dalam persaingan global di bisnis hilir migas."

Pertamax Turbo Hanya Cocok untuk Mesin Kompresi Tinggi

Hingga akhir tahun 2015, Pertamina merencanakan untuk menerima kapal baru yang dibangun di galangan dalam negeri lainnya. Yang saat ini sudah memasuki tahap Cargo Oil Tank Coating yakni kapal tanker 17.500 LTDW bernama Pattimura dan Parigi yang dibangun oleh PT Anggrek Hitam, Batam dan kapal tanker 17.500 Pasaman yang dibangun di galangan PT Multi Ocean Shipyard, Karimun.

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Pengumuman Direksi Pertamina oleh Menteri BUMN

Pertamina Pelajari Rencana PLN Caplok PGE

Pengkajian secara bisnis dilakukan perseroan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016