Wakil Ketua DPR Dukung Pembentukan Bogor Barat

Istana Bogor dilihat dari Kebun Raya Bogor
Sumber :
  • Antara/ Jafkhairi

VIVA.co.id - Delegasi Masyarakat Bogor Barat, yang terdiri dari tokoh masyarakat, kader-kader lintas partai dan LSM, menemui Wakil Ketua DPR Fadli Zon di ruang kerjanya Lantai III Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis 19 Maret 2015.

Kedatangan mereka dalam rangka menyampaikan usulan pembentukan Kabupaten Bogor Barat. Sebab berdasarkan kondisi geografis dan jumlah penduduk sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan menjadi Kabupaten tersendiri. Wilayah yang terdiri 14 kecamatan ini, pendapatan asli daerah (PAD) nya telah mencapai 280 miliar lebih.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon, yang didampingi anggota Komisi II DPR Subarna, menanggapi usulan tersebut mengatakan secara pribadi sangat memahami dan mendukung upaya pemekaran Bogor Barat, karena wilayahnya  sudah terlalu besar seperti Singapura.

Fadli mengatakan, DPR mendukung pemekaran segera terealisasi sebagai Kabupaten baru Bogor Barat, sebab jumlah penduduknya sudah mencapai 5,2 juta jiwa, dan daerah ini merupakan satu-satunya Kabupaten yang menjadi daerah pemilihan (Dapil). “Jadi saya kira sangat wajar kalau ada pemekaran, apalagi di beberapa wilayah Bogor Barat belum optimal pembangunannya,” katanya.

Pimpinan Dewan dari Fraksi Gerindra ini mengaku melihat sendiri beberapa wilayah Bogor Barat seperti Rumpin, Jasinga dan lainnya,  secara administrative jauh ke ibu kota kabupaten di Cibinong. Apalagi, lanjutnya, hal ini sudah masuk Prolegnas dan anggota DPR Subarna akan membantu memperjuangkan di Komisi II sehingga pemekaran tersebut bisa segera terealisasi.

Anggota DPR Subarna menambahkan, seusai reses dan masuk persidangan pada tanggal 23 Maret mendatang, pihaknya akan mengajukan usulan ini kepada Komisi II. Semula telah diusulkan adanya pemekaran 15 kabupaten dan akan ditambah menjadi 20 kabupaten. “Kami akan coba sampaikan dan Komisi II bisa mengagendakan pembahasan pemekaran termasuk usulan pemekaran Kabupaten Bogor Barat ini,” ujar politisi Gerindra dari Dapil Jabar ini.

Ketika ditanyakan apakah memungkinkan pemekaran ini, Fadli menyatakan untuk daerah tertentu dimungkinkan meski sifatnya kasuistis. " Saya kira kalau Bogor dan Garut Selatan dari sisi wilayah dan penduduk, itu sangat mungkin dimekarkan," pungkas dia.(www.dpr.go.id)

Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

(ren)
  


Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR
Anggota Komisi VII DPR RI Aryo Djojohadikusumo

Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

Demi mencapai kedaulatan energi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016