Isu Penyadapan, Telkomsel Terbuka Pakai Sim Card Lokal

Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel
VIVA.co.id
Perlebar Transaksi Non Tunai, Telkomsel Gandeng KFC
- Menyusul isu penyadapan yang melanda operator telekomunikasi Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) telah meminta laporan pengecekan jaringan operator. Hasilnya semua jaringan dan kartu SIM operator aman dari penyadapan.

Thailand Siap Awasi Turis Asing via Ponsel

Namun, baik Kemenkominfo maupun BRTI, merekomendasikan agar para operator menggunakan kartu SIM lokal. Menanggapi imbauan tersebut, Telkomsel menyambut dengan tangan terbuka.
Telkomsel Rilis Paket 3 in 1 Bagi Jemaah Haji


"Kalau SIM lokal sesuai standar, kualifikasi dan persyaratan yang kami minta, kenapa tidak?" kata Adita Irawati, Vice President Corporate Communication Telkomsel ditemui usai Media Gathering Telkomsel di Yogyakarta, Jumat 20 Maret 2015.


Dita mengatakan, secara prinsip, Telkomsel terus komitmen untuk membuat kenyamanan layanan bagi pelanggan, termasuk dalam penggunaan perangkat kartu SIM. Perusahaan ini tak mempersoalkan apakah kartu SIM itu buatan luar negeri atau lokal.


"Kami kan utamanya kepada pelanggan. Kalau SIM lokal bisa membantu perbaikan layanan ke pelanggan, kenapa tidak?" tuturnya.


Terkait kerjasama pemakaian dengan produsen SIM terbesar global, Gemalto, Dita mengatakan tak terpengaruh dengan isu penyadapan.


Dokumen bocoran mantan karyawan Badan Keamanan Nasional AS (NSA), Edward Snowden menyebutkan badan intelijen AS itu menyadap kartu SIM pengguna seluler dunia. Salah satunya adalah kartu SIM besutan Gemalto.


"Kami memang kerjasama dengan Gemalto, tapi itu bukan satu-satunya. Kami multivendor," ujar Dita.


Selain itu, Dita menegaskan investigasi Kominfo dan BRTI telah menghasilkan kartu SIM Gemalto telah aman dari penyadapan. Dalam menjalin kerjasama pun, Telkomsel telah memiliki perjanjian ketat dengan Gemalto, yang melarang produsen kartu SIM itu mengakses data dan komunikasi pelanggan Telkomsel dengan cara apapun juga.


"Kami sudah lakukan audit reguler baik internal maupun eksternal. Dari sisi perangkat pada kami juga sesuai standar ITU," ujarnya.


Telkomsel, kata dia, hanya akan taat pada penegak hukum terkait dengan penyadapan. Terkait berapa besaran kartu SIM buatan Gemalto, Dita enggan menyebutkan secara detail. "Yang pasti itu tak signifikan lah," katanya.![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya