Politisi Jadi Komisaris Bank BUMN Tak Pengaruhi Harga Saham

Aktivitas di Bursa Efek Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Kepala Riset Universal Broker, Satrio Utomo, menyebut bahwa para politisi yang saat ini menjabat sebagai petinggi perusahaan perbankan pelat merah yaitu PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk, tidak berdampak yang signifikan terhadap saham perusahaan perbankan tersebut.

Menurutnya, posisi mereka bukanlah posisi strategis dalam management, seperti jajaran direksi. "Pengaruhnya tidak terlalu ya, kalo komisaris tidak pengaruh," ujarnya, saat dihubungi oleh VIVA.co.id, Jumat 20 Maret 2015.

Satrio mengatakan, usai terpilihnya komisaris-komisaris berdasarkan keputusan pemegang saham melalui rapat umum pemegang saham tahunan (RUPST), tinggal melihat bagaimana kompetensi mereka.

"Tinggal melihat kemampuannya bagaimana, kalau masalah suka, atau tidak suka ya, banyak juga yang tidak suka. Tetapi, menurut pemberitaan sebelumnya kan wajar dilakukan," tuturnya.

Satrio mengatakan bahwa saat ini, tergantung bagaimana proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan mereka.

"Tarikan terakhirnya kan, di fit and proper test," ujarnya. (asp)

Berawal dari Hobi Pakai Brand Mewah, Selebgram Berusia 70 Tahun Ini Debut di Paris Fashion Week



![vivamore="Baca Juga :"]

Terinspirasi Langkah Indonesia, Amerika Serikat Suarakan Penundaan dan Perubahan Kebijakan EUDR





[/vivamore]
Kehadiran Anies dan Muhaimin di KPU Tunjukkan Kedewasaan Politik meski Pahit, Menurut Pengamat
Bank Mandiri.

Titipan PDIP di Ketiga Bank BUMN, Seberapa Kompeten?

Mereka masuk dalam tim sukses Jokowi-JK pada Pilpres 2014.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2015