Belasan Ribu Sekolah di Indonesia Tak Teraliri Listrik

Ujian Nasional Sekolah Dasar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Krisis Listrik, Pemerintah Sumut Gandeng Tiongkok
- Sebanyak 17.520 sekolah di seluruh Indonesia belum teraliri listrik. Kondisi ini cukup mengganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pantai Indah Kapuk Dapat Tambahan Listrik Baru

Fakta tersebut disampaikan Menteri Kebudayaan dan Pendidikan Dasar dan Menengah, Anies Baswedan, ketika mendatangi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, di Kementerian ESDM Jakarta, Jumat 20 Maret 2015.
Ini Penjelasan PLN Soal Pemadaman Listrik di Nias


"Ketersediaan listrik di sekolah merupakan komponen penting dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) pada malam hari," kata Anies.


Jumlah sekolah di Indonesia ada 208 ribu unit. Namun, menurut Anies, tidak semua mendapatkan akses listrik. "Ada 17.520 sekolah belum teraliri listrik," Anies menegaskan.


Anies merinci, dari 17.520 sekolah tanpa listrik tersebut, sekitar 14.992 di antaranya adalah SD dan SMP. Sementara itu, 2.528 sisanya terdiri atas SMK dan SMA.


Dia melanjutkan, sekolah-sekolah yang tingkat elektrifikasinya paling rendah, yaitu Papua 55 persen. Dilanjutkan Sulawesi Barat 63 persen, Papua Barat 66 persen, Nusa Tenggara Timur 70 persen, dan Kalimantan Barat 71 persen.


Sementara itu, yang elektrifikasinya paling tinggi adalah Jawa Tengah 97 persen, Bangka Belitung 96 persen, Daerah Istimewa Yogyakarta 96 persen, Jawa Barat 95 persen, dan Jawa Timur 95 persen.


"Kami sepakat dengan Kementerian ESDM untuk membentuk tim gugus tugas dengan tujuan mempercepat rasio elektrifikasi dan ini juga sesuai dengan program Kementerian ESDM," kata Anies.


Sementara itu, Sudirman mengatakan, langkah ini sesuai dengan program-programnya, yaitu meningkatkan rasio elektrifikasi. "Ini langkah yang sangat baik karena pendidikan merupakan sarana membentuk peradaban bagi generasi mendatang," katanya. (art)


![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya