23-3-1919: Musolini Mendirikan Partai Fasis

Benito Mussolini
Sumber :
VIVA.co.id
28-10-1940: Mussolini Serang Yunani
- Veteran Perang Dunia I dan penerbit surat kabar Socialist, Benito Mussolini, memisahkan diri dari kelompok sosialis Italia, dan mendirikan organisasi nasionalis Fasco di Combattimento, pada 23 Maret 1919.

MPV Semewah Alphard Ini Bisa Melesat Sekencang Mobil Sport

Dikutip dari laman
Hubungan Tak Baik, Ruben Onsu dan Jordi Onsu Sudah Setahun Tak Berkomunikasi
History , organisasi sayap kanan yang populer dengan nama Partai Fasis itu, menyuarakan nasionalisme Italia, menggunakan busana hitam sebagai seragamnya.

Mereka melakukan gerakan teror dan intimidasi terhadap rivalnya dari sayap kiri. Pada Oktober 1922, Musolini memimpin kelompoknya melakukan mars di Roma.


Raja Emmanuel III yang tidak percaya pada pemerintahan parlemen Italia, kemudian meminta Mussolini membentuk pemerintahan baru. Mussolini ditunjuk sebagai perdana menteri.


Awalnya, kabinet Fasis bekerja sama dengan parlemen Italia. Tetapi, belakangan Mussolini memanfaatkan dukungan polisi untuk menghancurkan lawan-lawan politiknya secara brutal dan menjadi diktator Italia.


Pada 1924, kubu sosialis dihancurkan dan Mussolini secara resmi mendeklarasikan negara Fasis pada Januari 1925. Dia menetapkan dirinya sebagai "Il Duce", atau sang pemimpin.


Mussolini mendekati Barat, untuk membuat perjanjian baru. Tetapi, invasinya ke Etiopia secara brutal, mengakhiri harapan untuk membentuk aliansi dengan negara-negara demokrasi Barat.




Dia memutuskan bergabung dengan Nazi pada 1936, serta mendukung pasukan nasionalis Francisco Francoo dalam Perang Sipil Spanyol. Perjanjian kerja sama Italia dan Nazi Jerman dibuat pada 1937.


Sekalipun revolusi Nazi yang dilakukan Adolf Hitler didorong oleh naiknya Mussolini, tetapi Partai Fasis Italia, pada akhirnya hanya menjadi mitra terlemah, dalam persekutuan Berlin-Roma selama Perang Dunia II.


Kegagalan Italia dalam perang, serta diinvasinya Italia oleh pasukan sekutu, memicu terjadinya pemberontakan dalam Partai Fasis pada Juli 1943.


Dua hari setelah jatuhnya Palermo pada 24 Juli, Dewan Fasis menolak kebijakan yang diperintahkan Hitler melalui Mussolini, yang kemudian ditangkap pada 25 Juli.


Pietro Badoglio mengambilalih pemerintah Italia. Pada September, Italia menyerah tanpa syarat pada pasukan sekutu. Delapan hari kemudian, pasukan Jerman membebaskan Mussolini dari penjara.


Dia, kemudian dijadikan pemimpin boneka untuk wilayah utara Italia, yang dikuasai Jerman. Setelah jatuhnya Nazi pada April 1945, Mussolini ditangkap dan dieksekusi pada 29 April oleh regu tembak.


Pasangan wanitanya, Clara Petacci, juga dieksekusi mati, setelah pengadilan yang digelar secara singkat. Jenazah keduanya di bawa ke Milan, digantung dengan kaki di atas, untuk diperlihatkan pada publik di lapangan. (asp)![vivamore="
Baca Juga
:"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya