Empat Hal yang Anda Sepelekan Namun Merusak Kesehatan

Wanita wawancara kerja.
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Melakukan beberapa kebiasaan yang Anda anggap sepele, ternyata bisa memberikan risiko terkena beberapa penyakit. Kebiasaan tersebut, bahkan bisa semakin berdampak buruk, bila kebiasaan tersebut dilakukan dalam jangka waktu panjang serta terus-menerus.

Lalu, apa sajakah hal sepele yang ternyata membahayakan kesehatan tubuh? Ini ulasannya, sebagaimana dilansir dari laman Times of India.

Terlalu lama duduk

Perlu diketahui untuk yang bekerja kantoran, terlalu lama duduk bisa membahayakan kesehatan. Kebiasaan ini bisa menghambat peredaran darah yang membuat rusaknya organ vital dalam tubuh.

Selain itu, kebiasaan ini bisa menyebabkan datangnya risiko penyakit seperti gangguan punggung, hingga datangnya stres dan obesitas.

Pemerintah Diminta Sediakan Jaminan Bagi Pekerja Informal

Siasati kebiasaan ini dengan menyempatkan diri berjalan sejenak di tengah kesibukan di kantor. Selain itu, optimalkan gerakan dengan melakukan hal-hal produktif di waktu senggang.

Tidak pemanasan sebelum olahraga

Hal sepele lain yang menyebabkan gangguan pada kesehatan, ialah tidak melakukan pemanasan ketika hendak berolahraga. Melakukan peregangan tubuh sebelum berolahraga, adalah hal penting karena dapat meregangkan otot dan mengurangi risiko terjadinya cidera.

Bila dibiarkan, maka otot dalam tubuh tak akan meregang dan akan terkejut ketika langsung diajak berolahraga. Untuk itu, melakukan pemanasan, yang diikuti dengan gerakan pendinginan setelah berolahraga, adalah kebiasaan yang harus selalu dilakukan.

Tidak minum banyak air

Cukupnya pasokan air di dalam tubuh, bisa menentukan sejauh mana kesehatan Anda. Pasalnya air putih dalam tubuh, memengaruhi cara tubuh bekerja. Bila kekurangan air, kinerja tubuh akan melemah, begitu juga kadar energi dalam tubuh. Kekurangan air putih dapat menyebabkan dehidrasi, penyakit saluran kencing, hingga gangguan pada ginjal.

Terlalu lama tidur

Waktu tidur seseorang yang optimal ialah 7 sampai 9 jam. Oleh karena itu, bila waktu tersebut kurang, bahkan berlebihan, dampaknya akan menimbulkan beberapa gangguan seperti sakit kepala sebelah, fertigo, hingga datangnya risiko insomnia. Terlalu lama tidur, yang pasti dapat mengganggu kinerja dan produktivitas harian yang Anda lakukan.

![vivamore="
Manfaat Sehat Jalani Peregangan Tubuh Secara Rutin
Baca Juga :"]
Cara Tepat Tangani Luka Kulit agar Tak Berbekas



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya